IBU HAMIL

Posisi Tidur Ibu Hamil, Ini 15 Posisi Yang Dianjurkan Dokter

Tidur yang nyaman sangat membantu mengurangi keluhan yang mucul selama masa kehamilan

Tipsnesia.com – Posisi tidur ibu hamil yang kurang sesuai bisa saja menimbulkan rasa tidak nyaman. Padahal ketika ibu sedang beristirahat sangat membutuhkan kenyamanan agar mempunyai kualitas tidur yang baik.

Pada trimester pertama para ibu hamil sangat kesulitan mempunyai kualitas tidur yang baik. Bagaimana tidak, pada saat tersebut banyak ibu yang mengalami mual yang hebat.

Selain trimester pertama, memasuki trimester ketiga pun sangat melelahkan bagi ibu hamil. Semakin besar perut ibu, maka beban yang beliau tanggung semakin berat.

Trimester tiga ini, para ibu mengalami berbagai keluhan, di antara nya :

  • Sulit tidur
  • Sering tiba-tiba sesak nafas
  • Badan terasa pegal
  • Kaki dan tangan menjadi bengkak
  • Sering buang air kecil
  • Kecemasan berlebih

Keluhan – keluhan tersebut sering terjadi pada hampir semua ibu hamil. Sehingga posisi tidur ibu hamil yang sesuai sangat dibutuhkan. Agar bisa mengurangi keluhan yang dirasakan.

Beberapa Tips Posisi Tidur Ibu Hamil Yang Baik Untuk Kesehatan

Posisi Tidur Yang Baik untuk Ibu Hamil
Posisi Tidur Yang Baik untuk Ibu Hamil – tipsnesia.com

Penambahan ukuran pada bayi yang di kandungan, merupakan faktor utama yang mempengaruhi tidur ibu hamil. Istirahat pada ibu hamil khususnya trimester ketiga sangat dibutuhkan untuk mengurangi tingkat kecemasan yang berlebih.

Beberapa posisi tidur yang baik untuk ibu hamil, akan dibahas lebih detail lagi sehingga para ibu hamil diharapkan bisa mengetahui tipsnya, yaitu :

1. Posisi Tidur Ibu Hamil Tengkurap Pada Hamil 1-2 Bulan

Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil yang pertama adalah tengkurap. Tengkurap aman sampai usia kandungan maksimal minggu ke 10. Di umur tersebut kandungan masih sangat kecil sehingga tidak mengganggu pertumbuhan janin.

Di umur 0-18 janin belum bertumbuh besar, sehingga posisi tengkurap tidak akan memberi tekanan pada janin. Namun, untuk beberapa kondisi seperti ibu yang mempunyai riwayat sesak nafas sebaiknya posisi ini dihindari.

2. Posisi Terlentang Pada Usia 3-4 Bulan

Tidur terlentang baik untuk usia kandungan 3 sampai 4 bulan. Pada usia tersebut janin belum bertumbuh sempurna, sehingga beban yang ditekankan ke bagian panggul ibu tidak akan berat.

Telentang di sarankan untuk usia kehamilan 3 sampai 4 bulan. Karena dapat melancarkan sirkulasi udara dalam darah. Tetapi tidur telentang sebaiknya dihindari untuk usia kandungan yang mencapai 5 bulan ke atas.

Dampak tidur terlentang akan menghambat aliran oksigen menuju janin pada usia kandungan 5 bulan ke atas. Usia tersebut janin sudah mencapai pembentukan hampir sempurna. Disamping itu aliran oksigen sudah sangat dibutuhkan untuk perkembangannya.

3. Posisi Tidur Ibu Hamil Menggunakan Bantal

Posisi tidur ibu hamil selanjutnya yaitu bisa menggunakan bantuan bantal. Untuk usia kandungan yang memasuki trimester ketiga, sangatlah dibutuhkan bantuan bantal untuk menopang ibu saat tidur.

Bantal ini bisa digunakan pada bagian samping perut atau bagian belakang punggung ibu. Trimester ketiga ini para ibu sudah mulai merasakan keluhan insomnia.

Insomnia dikarenakan kandungan yang sudah mulai membesar dan susah mencari posisi yang nyaman. Dengan bantuan bantal hamil dapat membantu ibu dalam beristirahat.

4. Posisi Tidur Yang Baik untuk Ibu Hamil Tidur Miring ke Kiri

Posisi ini sangat disarankan untuk ibu yang sudah memasuki usia 7 sampai 9 bulan. Dokter pun sangat menyarankan posisi ini, sebab miring kekiri akan membuat tubuh ibu lebih optimal.

Selain itu, posisi miring ke kiri juga membuat aliran darah ke vena lebih lancar. Sehingga aliran darah ke janin tidak akan mengalami hambatan.

Tidur dengan posisi miring ke kiri akan mengurangi pembengkakan pada sendi-sendi karena tekanan pada hati dan ginjal tidak berlebih.

5. Posisi Tidur Miring dengan Menyilangkan Kaki

Selanjutnya yaitu dengan posisi miring dan menyilangkan kaki. Posisi ini mampu membuat ibu merasa lebih nyaman. Bisa menggunakan bantuan guling atau bantal untuk menopang bagian perut.

6. Posisi Tidur Ibu Hamil Miring ke Kanan

Miring ke kanan pada ibu hamil pada usia kandungan 5 bulan ke atas memanglah tidak disarankan. Posisi ini bisa membahayakan kondisi janin. Selain itu mempunyai dampak menghambat aliran darah menuju janin.

Namun, posisi ini bisa digunakan sesekali saat ibu mulai merasa tidak nyaman. Posisi ini hanya boleh sering digunakan pada usia kehamilan yang masih trimester awal.

7.Posisi Tidur Yang Baik untuk Ibu Hamil Menggunakan Properti

Properti yang di maksud yaitu seperti guling namun ukurannya lebih panjang dengan bahan yang lebih empuk. Guling seperti itu sudah banyak di jual di toko offline maupun online.

Tidur dengan bantuan properti seperti itu dapat membantu ibu dalam tidur dengan kondisi yang lebih nyaman. Disamping itu, guling tersebut dapat membantu ibu mengurangi beban saat sedang beristirahat.

8. Posisi Setengah Duduk

Setengah duduk yang dimaksud yaitu posisi seperti bersandar. Posisi dibutuhkan untuk ibu yang hanya akan beristirahat sebentar saat siang hari.

Tetapi, posisi ini tetap membutuhkan bantal untuk menopang bagian belakang. Bantal berguna sebagai sandaran bagi ibu agar bagian belakang tidak sakit dan terasa pegal.

9. Posisi Tidur Ibu Hamil Dengan Kondisi Lampu Mati

Tips ini bisa digunakan jika ibu mengalami kesulitan tidur. Lampu mati dapat membantu mempercepat munculnya rasa kantuk. Menurut penelitian tidur dengan kondisi lampu mati bagi bagi kesehatan.

10. Tidur Dengan Suhu Sejuk

Jika dalam kondisi yang panas maka akan membuat ibu kesulitan untuk beristirahat. Pada ibu hamil yang memasuki trimester ketiga, akan mudah merasakan gerah.

Kondisi yang sejuk akan membantu ibu nyaman saat beristirahat. Di samping dapat membuat ibu mempunyai kualitas tidur yang baik.

11. Tempat Tidur yang Nyaman

Tempat tidur yang nyaman sangat mempengaruhi kualitas tidur bagi ibu hamil. Saat hamil memasuki usia 7 sampai 9 bulan tidur menjadi lebih sulit dibandingkan sebelumnya.

Kekhawatiran yang berlebih dapat menjadi pemicu insomnia pada ibu hamil. Sehingga mempunyai tempat tidur yang nyaman dan bersih bisa membantu ibu beristirahat dengan baik.

12. Posisi Tidur Yang Baik untuk Ibu Hamil dengan banyak bantal

Menggunakan banyak bantal seperti pada kaki, tangan, belakang tubuh dan di samping perut dengan posisi miring ke kiri dapat membuat tubuh lebih nyaman. Beberapa bantal tersebut berguna sebagai penopang tubuh ibu hamil. Berguna juga untuk mengurangi rasa pegal pada sendi tangan dan kaki.

13. Posisi Tidur Ibu Hamil Miring dengan kaki Membentuk S

Membentuk S yang di maksud adalah, tidur dengan posisi miring dan kaki ditekuk seperti huruf S. Posisi ini merupakan posisi favorit hampir semua ibu hamil. Kemudian posisi tersebut juga memberikan rasa nyaman pada saat beristirahat.

14. Posisi Tidur Tiga Perempat

Tiga perempat baik untuk usia kandungan 7 sampai 9 bulan. Cara melakukannya dengan cara posisi tidur miring, lalu kaki salah satu telentang dan satunya tetap ditekuk. Letakkan bantal di antara paha agar membuat otot lebih rileks.

15. Posisi Dengan Bantal Lebih Tinggi

Bantal lebih tinggi pada bagian kepala membantu mengurangi mual serta maag yang bisa muncul pada masa kehamilan awal. Trimester pertama sangat membutuhkan posisi ini karena bulan 1 sampai 3, banyak yang mengalami mual muntah. Diharapkan dengan posisi tersebut dapat mengurangi rasa mual pada ibu hamil.

Nah, itulah beberapa tips posisi tidur yang baik untuk ibu hamil untuk kondisi janin. Posisi tidur sangatlah diperhatikan agar tidak mengganggu perkembangan pada janin. Berkonsultasi lah ke dokter anda jika anda mengalami kesulitan saat mengandung.

Semoga tips yang sudah di bagikan di atas dapat bermanfaat, dan di bisa menjadi pengetahuan bagi anda yang sedang mencari posisi tidur terbaik..

Author - Tipsnesia

Insan bumi sederhana yang berusaha bermanfaat untuk banyak orang lain melalui berbagai macam informasi yang di muat di dalam artikel website Tipsnesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button