Wednesday , 21 November 2018
12 Cara Agar Mata Tetap Sehat

12 Cara Agar Mata Tetap Sehat

Tipsnesia.com – Mata salah satu organ tubuh yang sangat berguna bagi kita semua yang membantu kita untuk melihat dan mempersepsikan suatu hal. Mata adalah dua organ tubuh yang berbentuk bola, dengan mata anda dapat mengetahui sebuah benda ,bentuk ,dan juga membantu melihat orang disekitar. Mata sangatlah rentan terhadap benda-benda asing yang memungkinkan dapat merusak mata. Seperti debu, hewan kecil yang terbang di malam hari.

Ciri-ciri Mata Sehat:

Mata yang sehat merupakan sebuah kebanggaan yang harus dijaga sebagai karena merupakan rahmat pemberian dari Sang Kuasa. Mata yang sehat juga akan menghadirkam ciri-ciri yang signifikan, antara lain:
1. Kedudukan bola mata lurus dan simetris
2. Mata tidak bengkak dan memar
3. Mata tidak terlihat merah dan berarir lebih
4. Tidak terdapat benjolan di area mata
5. Kelopak mata dapat dibuka dam ditutip secara sempurna
6. Bu mata terlihat lentik dan keluar
7. Bagian kornea mata terlihat jernih
8. Penghilangtan masih tajam dan terang
9. Pupil mata berwarna hitam kelam
10. Pada bagian mata, akantampak putih, halus serta selaput yang jernih
11. Kelopak mata berwarna terang
12. Mata mampu melihat seimbang antara kanan dan kiri

Cara Agar Mata Tetap Sehat

Bagi kita yang sudah dianugrahi mata yang berfungsi dengan baik kita patutlah bersyukur dan harus dijaga agar tetap sehat.Berikut adalah cara agar mata tetap sehat:

1. Perhatikan Nutrisi

nutrisi untuk mata

Hal yang sangat penting adalah dengan memperhatikan makanan sehari-hari. Konsumsilah makanan yang sehat dan banyak mengandung nutrisi untuk mata. Terutama makanan yang mengandung;
✓ Omega 3
✓ vitamin A
✓ vitamin B
✓ vitamin C
Nutrisi diatas sangat membantu untuk menjaga kesehatan mata juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit mata. Jenis-jenis makanan yang dapat anda konsumsi dan mengandung banyak nutrisi meliputi:
• Sayuran
• telur
• buah-buahan
• daging atau ikan.
Memang terkadang ada beberapa orang yang tidak suka dengan salah satu makanan diatas tetapi lebih baik dipaksa agar mata kita tetap sehat.

2. Hindari Merokok

Hindari Merokok Untuk Kesehatan Mata

Merokok sama saja dengan menghisap racun ke tubuh, kandungan racun yang ada dalam rokok sangatlah banyak, sehingga dapat mengakibatkan sakit pada tubuh, salah satunya adalah mata. Penyakit yang disebabkan oleh rokok:
• katarak
• kerusakan saraf mata
• degenerasi
Jika anda tidak ingin mengalami penyakit di atas maka hindarilah. Jika anda seorang perokok maka segeralah berhenti.

3. RajinKe Dokter Mata

Penyakit mata perlu penanganan yang serius juga. Namun, tidak hanya mata sakit saja. Mata normal pun ada baiknya juga di periksakan ke dokter secara berkala. Terutama untuk orang yang berumur 40 tahunan keatas. Hal tersebut sebaiknya dilakukan apabila mata mengalami:
• Gatal terus menerus
• Pembengkakan
• Iritasi
• Mata merah
• Penglihatan mulai buram dan rabun

4. Memakai Alat Pengaman Mata

alat pengaman mata

Kebanyakan orang-orang yang mengalami gangguan mata akibat bekerja di proyek atau industri. Hal itu terjadi karena banyaknya debu kasar yang beterbangan dan masuk kedalam mata. Di kondisi seperti inilah diharuskan untuk memakai pelindung mata seperti kaca mata .
Berikut situasi yang di haruskan anda memperhatikan kesehatan mata secara ekstra.
✓ Berkendara
✓ Bekerja di proyek
✓ Bekerja di industri
✓ Bekerja dengan mesin-mesin dan alat-alat berat
✓ Olahraga ekstrim
✓ Dan masih banyak lagi.

5. Perhatikan Berat Badan

Berat badan juga berperan penting dalam kesehatan mata. Denganmenjaga berat badan anda bisa terhindar dari penyakit diabetes. Diabetes juga berpengaruh besar dalam kesehatan mata, sebab diabetes dapat mengakibatkan gangguan mata sampai kebutuhan permanen.

6. Tidur Teratur

Tidur dapat membantu anda dalam menjaga kesehatan mata. Setelah bangun tidur mata anda akan fresh kembali setelah seharian bekerja mata anda juga memerlukan istirahat ashar segar kembali untuk beraktivitas esoknya. Begitupun dengan saraf-saraf penglihatan juga ikut beristirahat.

7. Hindari Mengucek Mata

Ketika mata terasa gatal dan perih pasti kebanyakan orang refleks mengucek mata. Hal ini sebenarnya boleh dilakukan tetapi jangan terlalu sering. Terlalu sering Mengucek mata dapat mengakibatkan iritasi sehingga berbahaya bagi mata. Berikut adalah resiko mengucek mata yang terlalu sering
• Mata merah
• Pendarahan
• Iritasi pada mata
Ketika mata anda terasa gatal alangkah baiknya dengan menggunakan obat tetes mata dan istirahatkan mata anda sejenak. Jika masih terus terasa gatal segera bawa ke dokter mata.

8. Jaga Jarak Mata Pada TV / Monitor

Jarak antara tv atau monitor komputer juga sangat berpengaruh besar terhadap kesehatan mata. Jika ingin menggunakan peralatan diatas maka anda juga harus memperhatikan jarak mata anda dengan layar, yakni dengan jarak sebagai berikut:
• Jarak mata dengan tv dengan mata minimal 2 meter
• Jarak monitor komputer dengan mata minimal 30 cm.

9. Pakai pelindung LCD

Layar komputer dan televisi yang menggunakan LED memiliki paparan sinar yang mampu merusak mata. Maka dari itu gunakanlah pelindung LCD layar.

10. Jangan Membaca Sambil Tidur

Jangan Membaca Sambil Tidur

Membaca sambil tiduran punya efek besar pada mata yaitu pada pembentukan mata silindris. Meskipun silindris dapat disebabkan faktor keturunan, namun membaca dengan tiduran secara terus menerus sangat berpotensi terkena mata silindris.

Seorang ahli kesehatan mata bernama dr. Pardwan, Sp. M. dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan mengatakan jarak yang ideal untuk membaca adalah 30cm sampai 33cm (jarak buku dan mata). Dan ketika seseorang memilih untuk membaca sambil todur, patokan jarak tersebut sangat susah dipertahankan.

Ia juga menjelaskan bahwa jika membawa sambil tidur, akan sulit mempertahankan jarak ideal tersebut. Karena tanpa disadari, jarak antara buku dan mata akan semakin mendekat.

Karena jarak mata dan buku semakin mendekat, lama-kelamaan dan tanpa disadari akan memaksa tubuh untuk bekerja lebih keras lagi untukmembaca tulisan di buku dengan lebih jelas. Ditambah oleh konsentrasi mencerna isi dalam bacaan tersebut, sehingga tidak heran jika mata menjadi lelah.

Yang sangat dianjurkan adalah membaca dengan posisi duduk” Tambah Pardawan sebagai saran penutup.

11. Perhatikan Pencahayaan
Pencahayaan ideal untuk membaca buku adalah dengan mengarahkan cahaya ke tulisan yang sedang dibaca. Dengan begitu, Anda dapat membaca dengan jelas. Dan apabila cahaya yang diarahkan ke buku sangat minim, mata akan mudah lelah karena bekerjs terlalu keras.

12. Perhatikan, Besar dan Kecil Teks!
Ukuran teks 12 adalah wajar bagi orang dewasa. Namun untuk anak-anak, sebaiknya 1,5 kali lebih besar dari itu. Karena jika terlalu kecil, mata harus luar bisa mencembung. Jika hal ini berlangsung pama, teks tersebut menjadisulit untuk ditangkap.

Pada 5 menit awal, mungkin tidak terjadi masalah. Karenakesulitan akan terjadi 10-15 menit kemudian. Tidak heran jika setelah selama itu, mata menjadi berair, perih, dan memerah.

Itulah beberapa tips cara merawat mata agar tetap sehat. Semoga artikel ini dapat bermamfaat bagi anda, jangan lupa untuk share dan comment ya gays

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*