KESEHATAN

5 Jenis Bunga Untuk Mengatasi Stres, Wajib di coba

Selain untuk tanaman hias bunga juga dapat bermanfaat untuk mengatasi stres

Tipsnesia.com – Taukah kalian, bunga ternyata ada manfaat bunga untuk mengatasi stres juga looh. Nah kali ini kita bahas bunga untuk mengatasi stres yanng patut kalian coba di rumah sambil rebahan ya…

Bunga merupakan bagian tanaman untuk menghasilkan biji. Penyerbukan dan juga pembuahan berlangsung pada bunga. Setelah pembuahan, bunga akan berkembang membentuk buah.

Pada tumbuhan berbunga, buah adalah struktur yang membawa dan melindungi biji hingga berubah menjadi buah.

Bunga identik sebagai tanda atau simbol cinta dan kasih sayang. Bunga juga mempunyai efek meningkatkan keceriaan ruangan dengan warnanya yang beraneka ragam.

Dengan berbagai macam varian bunga di dunia ini, bunga dapat tumbuh di ruangan terbuka maupun tertutup seperti didalam sebuah ruangan.

Berikut Bunga Untuk Mengatasi Stres

Bunga Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental
Bunga Untuk Mengatasi Stres – tipsnesia.com

Selain memiliki efek positif dari sisi estetik, bunga juga dapat meningkatkan kesehatan mental. Menurut penelitian, warna bunga dan aroma harumnya bisa membantu meredakan kecemasan yang berlebih serta mengurangi gejala depresi.

1. Bunga Seruni

Bunga seruni (chrysanthemums) dikenal dengan efeknya yang bisa meningkatkan mood serta bunga untuk mengatasi stres. Bunga ini juga dapat meningkatkan mood. Menurut penelitian Bunga seruni dapat meningkatkan mood yang dampaknya bisa bertahan hingga berhari-hari.

Bunga bisa meredakan kecemasan kesedihan yang berlebih, sehingga menjadi lebih rileks. Hal tersebut berhubungan dengan warna dan aroma harumnya.

2. Bunga Melati

Tidur atau istirahat yang cukup memiliki peran penting dalam kesehatan fisik dan mental. Tanpa istirahat, dapat menimbulkan berbagia macam efek samping. Kita bisa kesulitan mengambil keputusan, memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari secara berlebih, dan susah beradaptasi dengan perubahan, serta membuat emosi sulit terkontrol.

Bunga melati terbukti terkenal sebagai bunga mengatasi stres dan kecemasan, meningkatkan rasa nyaman, serta meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik. Selain itu, bunga melati juga dapat menstabilkan denyut jantung.

3. Bunga Calendula

Bunga ini dapat mempercepat waktu pemulihan saat sakit. Bunga Calendula memiliki efek menurunkan tekanan darah. Bunga tersebut memiliki warna kuning dan orange yang dikenal dengan efek antibakteri, antivirus, dan anti jamur-nya.

Bunga calendula dapat digunakan sebagai obat luar untuk meredakan inflamasi dan membantu penyembuhan luka pada kulit luar serta ruam. Manfaat lainnya dapat meningkatkan stimulasi sirkulasi darah dan mempercepat penyembuhan pada demam, serta dapat meningkatkan mood.

4. Bunga Anggrek

Anggrek merupakan bunga yang sangat cantik yang mempunyai beraneka macam warna dan beragam jenisnya. Anggrek seringkali digunakan untuk hiasan di taman-taman hingga di banyak acara pernikahan dan acara penting lainnya. Selain kecantikan ternyata bunga anggrek memiliki efek untuk penyembuhan pada kesehatan mental.

Aroma bunga anggrek meningkatkan gelombang alfa di otak, yang dapat menenangkan mood atau menstabilkan mood. Selain itu, roma harum bunga anggrek ini juga meredakan stres dan dapat merileksasi otot yang tegang atau kaku.

5. Bunga Mawar

Bunga mawar adalah bunga paling populer didunia serta merupakan simbol cinta dan kasih sayang. Bunga mawar memilik warna , ukuran, dan bentuk yang beragam. Jika ada seseorang memberikan bunga mawar, ini bisa menjadi tanda ia sangat peduli dan menyayangi dengan tulus. Sejak dulu mawar digunakan sebagai hadiah di hari-hari spesial dengan pasangan.

Menurut penelitian, hanya dengan seseorang melihat bunga mawar, tubuhnya memproduksi oksitosin. Hormon oksitosin dapat menurunkan stres atau kecemasan yang berlebih. Aroma bunga mawar yang harum dapat meningkatkan mood dan kebahagiaan.

Nag, bunga-bunga yang sudah dijelaskan diatas, merupakaaan beberapa bunga untuk mengatasi stres. Masih ada banyak bunga yang dapat memiliki yang sama untuk mengatasi stres. Jika kalian tau salah satunya tidak ada di konten ini, bisa info admin di komentar ya.

Author - Tipsnesia

Insan bumi sederhana yang berusaha bermanfaat untuk banyak orang lain melalui berbagai macam informasi yang di muat di dalam artikel website Tipsnesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button