KESEHATAN

Bahaya Penyakit Maag – Gejala & Atasi Maag

Tipsnesia.com Bahaya penyakit maag untuk sekarang ini tidaklah bisa dianggap remeh. Penyakit ini merupakan penyakit yang menyerang organ lambung. Maag bisa menyerang siapapun, karena penyebabnya beraneka macam.

Maag disebut juga sebagai gastritis. Gastritis di bagi menjadi maag tidak kronis dan maag kronis. Keluhan awal sering tidak di rasakan sebagian orang. Sehingga tanpa mereka sadari mereka sudah terkena maag.

Gejala awal seperti mual, pusing, lemah gejalanya  hampir sama seperti gejala masuk angin. Terdapat pembedanya yaitu mual dan perih pada bagian perut atas. Untuk maag yang terus-terusan diabaikan maka bisa menjadi maag kronis.

Cara Antisipasi dan Cegah Maag

Gastritis kronis atau maag kronis ini bisa terjadi karena penangan yang tidak maksimal dari penderita. Rasa mual akan terasa sangat, hingga terjadi muntah terus menerus. Selain itu terjadi kram perut sampai pusing yang tak kunjung hilang.

Penanganan awal bisa dilakukan dengan mengkonsumsi obat-obatan yang sesuai rekomendasi dokter. Di samping itu dengan menjaga pola makan dan disaat maag menyerang bisa mengurangi mengkonsumsi kafein (kopi) , minuman soda, makanan pedas dan asam. Kesehatan mental sangat mempengaruhi terjadinya maag.

Bahaya Penyakit Maag Jika Terus diabaikan

Bahaya Penyakit Maag Jika diabaikan
Bahaya Penyakit Maag – tipsnesia.com

Gastritis kronis atau maag kronis ini sangat berbahaya jika tidak mendapat penanganan yang cepat dan tepat. Penyakit banyak mempunyai dampak yang besar jika Anda menyepelakan penyakit maag. Di bawah ini akan dijelaskan secara detail bahaya penyakit maag jika dibiarkan saja, yaitu:

  1. Muntah Darah

Bahaya penyakit maag yang bisa timbul yaitu muntah darah. Muntah darah akan terjadi jika lambung mengalami luka seperti pengelupasan lapisan lambung. Jika sampai terjadi muntah darah harus segera dibawa ke rumah sakit untuk perawatan. Karena kondisi tersebut menunjukkan bahwa maag yang diderita sudah sangat mengkhawatirkan.

  1. Terganggunya Organ Pencernaan

Diare bisa terjadi karena lambung tidak bekerja dengan baik sehingga mengganggu kerja dari organ pencernaan lainnya. Hal tersebut yang membuat terjadinya diare. Jika terjadi diare yang terus menerus akan tubuh lemas bahkan kekurangan cairan. Efek tersebut sangat lah tidak nyaman dan sangat mengganggu sehinngga membutuhkan perawatan.

  1. Penurunan Berat Badan

Bahaya penyakit maag selanjutnya penurunan berat badan pada penderita maag kronis. Penderita akan kehilangan nafsu makan karena mual muntah yang dirasakan. Selain itu permasalah pada organ pencernaan sangat membuat penderita tidak bisa mengkonsumsi makanan dengan baik. Sehingga terkadang sampai membutuhkan makanan dalam bentuk infus agar bisa memasukkan makanan.

  1. Tumor

Jika sudah sampai muntah darah, biasanya diakibatkan oleh pengelupasan mukosa lambung atau robeknya lapisan lambung. Hal tersebut bisa menumbuhkan sel-sel tumor pada lambung. Menurut penelitian sel tumor tersebut jika tidak di tangani akan sangat tumbuh lebih cepat dan bisa bertumbuh menjadi sel kanker.

  1. Kanker

Bahaya penyakit maag yang paling parah adalah kanker. Kanker merupakan efek yang paling bahaya jika kita terlalu sering mengabaikan tanda-tanda penyakit ini. Gejala nya yaitu penurunan berat badan terus menerus, gangguan pencernaan yang hebat, tukak pada lambung serta pendarahan yang diakibatkan robeknya lapisan mukosa lambung.

Penangannya  harus dengan baik untuk mengurangi gejala tersebut agar tidak semakin parah. Pilihan operasi sangat direkomendasikan untuk pengobatan kanker selain terapi obat. Operasi akan mempercepat pengobat pada penyakit kanker.

Penyakit maag akan menimbulkan banyak dampak yang membahayakan untuk tubuh. Penjelasan tentang bahaya penyakit maag diatas semoga dapat membuat Anda semakin memperhatikan kesehatan dan tidak mengganggap remeh. Semoga membantu dan bermaanfat…

Author - Tipsnesia

Insan bumi sederhana yang berusaha bermanfaat untuk banyak orang lain melalui berbagai macam informasi yang di muat di dalam artikel website Tipsnesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button