KESEHATAN

Beragam Camilan Sehat yang Wajib Untuk dicoba

Jenis camilan yang baik dapat membuat tubuh tetap sehat

Tipsnesia.com – Camilan sehat sekarang ini sangat muncul beragam di sosial media. Tidak bisa di pungkiri camilan sudah menjadi teman kita disaat melakukan berbagai aktifivas, seperti ketika sedang bekerja, bersantai, hingga ketika merasa bosan.

Camilan berfungsi sebagai penambah semangat, bisa menghilangkan rasa kantuk, hingga dapat dijadikan pengganjal perut sebelum waktu makan utama tiba.

Seringkali orang mengabaikan jenis camilan baik bagi tubuh. Sehingga tidak menyadari bahwa banyak camilan yang kurang baik untuk kesehatan.

Sejatinya banyak pilihan camilan sehat dan lezat yang baik untuk kesehatan tubuh. Camilan sehat dapat bermanfaat memberikan energi tambahan pada tubuh, sehingga ketika bekerja ataupun belajar menjadi lebih semangat.

Ada beberapa kriteria camilan sehat, yaitu:

  • · Rendah kalori
  • · Rendah lemak
  • · Mengandung protein
  • · Mengandung vitamin
  • · Mengandung serat
  • · Mengandung mineral
  • · Tidak mengandung banyak gula

Berikut pilihan camilan sehat yang bisa dinikmati:

Saat diet pun beberapa orang menghindari camilan. Padahal sekarang banyak camilan sehat yang di tawarkan dan bisa menjadi pilihan.

Camilan juga berguna untuk membuat tubuh merasa tetap kenyang dan menekan nafsu makan sehingga tidak makan berlebihan. Agar tetap bisa menikmati camilan, ada beberapa camilan sehat yang bisa menjadi pilihan.

Beragam Camilan Sehat Yang Patut Dicoba
Beragam Camilan Sehat Yang Patut Dicoba -Tiipsnsia.com

1. Rujak

Camilan sehat yang pertama yaitu rujak, rujak makanan khas Indonesia menjadi salah satu camilan lezat, murah dan pasti baik untuk kesehatan tubuh.

Makanan yang digemari hampir semua wanita ini terbuat dari aneka buah dengan tambahan saus kacang. Mampu menambah energi dan nutrisi, seperti vitamin, mineral dan serat.

Namun perlu diperhatikan bagi penderita GERD atau maag, pilihlah saus kacang yang tidak terlalu pedas untuk mencegah kambuhnya penyakit tersebut. Jangan lupa untuk memastikan buah-buah yang terdapat pada rujak higienis agar aman dikonsumsi tubuh.

2. Yoghurt

Yoghurt adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yoghurt ini termasuk produk yang baik untuk kesehatan tulang serta melancarkan pencernaan. Yoghurt mengandung kalsium, protein dan probiotik. Potongan buah segar seperti apel, pisang atau mangga dapat di tambahkan saat mengkonsumsi yoghurt.

Selain itu, mengonsumsi yoghurt bersama buah-buahan yang kaya akan kandungan serat, vitamin dan mineral baik untuk membantu program diet. Maanfaat lain dari yoghurt yaitu bisa memberikan rasa kenyang pada perut yang lebih lama.

3. Kacang

Kacang bisa untuk dijadikan camilan sehat, karena kacang mengandung banyak protein, vitamin, mineral, dan serat. Mengonsumsi kacang, baik jenis kacang almond, kacang tanah ataupun kacang mete mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Kacang juga baik untuk kesehatan jantung dan mampu mengontrol gula darah.

Kacang edamame juga bisa dijadikan pilihan sebagai camilan sehat karena mengandung zat besi, magnesium, folat, serat, mangan dan juga antioksidan.

Kacang edamame juga bisa membantu program diet karena mengandung banyak protein dan karbohidrat kompleks yang mampu memberikan rasa kenyang lebih lama.

Jika ingin memilih kacang sebagai camilan, lebih baik memilih kacang yang tidak digoreng serta tidak mengandung garam. Walaupun kacang termasuk jenis camilan sehat, namun mengonsumsi kacang secara berlebihan juga tidak baik karena dapat menaikkan kadar asam urat.

4. Telur rebus

Camilan sehat lainnya adalah dengan mengonsumsi telur rebus sebagai camilan bermanfaat dalam meningkatkan energi dan semangat dalam beraktivitas.

Telur mempunyai kandungan protein, kalori, omega-3, vitamin K dan vitamin B12. Telur rebus juga menjadi pilihan terbaik untuk menunjang program diet karena dapat memberikan rasa kenyang lebih lama.

5. Oatmeal

Oatmeal selama ini sudah menjadi pilihan camilan sehat yang sangat baik. Bagi penderita diabetes dan penyakit jantung oatmeal baik dikonsumsi karena mengandung vitamin yang tinggi, mineral dan serat.

Di samping itu, serat juga mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama, menjaga kadar kolesterol tetap stabil, dan juga membantu mengontrol berat badan.

6. Popcorn

Popcorn juga bisa dijadikan pilihan sebagai camilan. Akan tetapi, agar popcorn menjadi camilan yang sehat jangan di tambahkan mentega cair, garam, gula atau perasa lainnya terlalu banyak pada popcorn.

Popcorn yang dikonsumsi original merupakan makanan ringan yang sangat sehat karena banyak mengandung serat. Sehingga popcorn bisa membantu menjaga kesehatan saluran cerna, kesehatan jantung, menurunkan berat badan dan bisa mencegah konstipasi.

Selain dapat menemani beragam aktivitas sehari-hari, camilan sehat juga dapat membantu menjaga kesehatan serta memberikan tambahan energi. Silahkan dicoba dari pilihan-pilihan yang sudah di informasikan diatas. semoga bermanfaat dan bisa membantu kalian semua

Author - Tipsnesia

Insan bumi sederhana yang berusaha bermanfaat untuk banyak orang lain melalui berbagai macam informasi yang di muat di dalam artikel website Tipsnesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button