KESEHATAN

7+ Cara Atasi Nyeri Haid dengan Cepat

Cara atasi nyeri saat haid penting diketahui untuk mencegah kondisi yang dapat mempengaruhi aktifitas..

Tipsnesia.com – Haid dapat menyebabkan kondisi tubuh yang kurang menyenangkan bagi perempuan dalam setiap bulan. Nah karena itu tipsnesia.com akan memberikan cara atasi nyeri haid dengan cepat.

Bagi wanita hal ini pasti sudah menjadi momok bagi wanita saat melalui masa haid, karena rasa tidak nyaman pada tubuh tertentu baik sebelum, saat, atau sesudah menstruasi yang bikin cewe sekarang cari cara atasi nyeri haid seketika.

Rasa tidak nyaman hampir dirasakan oleh semua perempuan sampai dengan tingkat kesakitan ringan sampai parah. Selama menstruasi, otot-otot pada rahim akan berkontraksi untuk melepaskan lapisan pembuluh darah yang menempel pada dinding rahim.

Kondisi tersebut, membuat perempuan terkadang akan mengalami kram perut, yang merupakan tanda otot rahim sedang bekerja. keluhan lainnya yang biasa di alami yaitu bisa jadi mengalami kram yang disertai dengan rasa mual, muntah, sakit kepala, dan bahkan diare.

Tingkatan nyeri haid yang dirasakan tiap perempuan memang dapat bervariasi dan berbeda. Bahkan ada juga perempuan yang tidak mengalami rasa sakit sama sekali selama menstruasi. Dokter masih meneliti tentang beberapa perempuan bisa mengalami nyeri haid dan yang lainnya tidak.

Cara Ampuh Atasi Nyeri Haid dengan Cepat

Cara Ampuh Atasi Nyeri Haid dengan Cepat
Cara atasi nyeri saat haid penting diketahui untuk mencegah kondisi yang dapat mempengaruhi aktifitas – Tipsnesia.com

Bagi sebagian perempuan nyeri atau kram perut pada saat menstruasi sangat mengganggu. Apalagi jika rasa sakit yang di timbulkan sangat parah, kondisi tersebut bisa mengganggu aktifitas sehari- hari.

Kondisi fisik juga mempengaruhi tingkat rasa sakit pada saat menstruasi. sebagai contoh disaat fisik mengalami penurunan, maka rasa sakit pada saat haid akan terasa sangat sakit.

Untuk kram perut ringan yang sementara akibat haid, beberapa pengobatan rumahan dan obat kimia yang tersedia guna membantu meredakannya. Berikut ini tips atau cara menghilangkan nyeri haid :

1. Mengkonsumsi Obat – obatan

Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) merupakan obat pereda nyeri utama yang dapat di beli bebas di apotek dan direkomendasikan untuk atasi nyeri haid.

Golongan NSAID diantaranya Asam mefenamat, Natrium diklofenak dan Ibuprofen. Obat-obatan tersebut dapat membantu menurunkan produksi prostaglandin dalam tubuh.

Beberapa penilitian menyebutkan penyebab nyeri haid adalah hormon prostaglandin yang dikeluarkan oleh endometrium (lapisan terdalam rahim), yang menyebabkan kontraksi rahim sehingga timbul rasa nyeri atau kram. Asam mefenamat adalah obat favorit yang sering digunakan daripada obat lainnya.

2. Kompres Air Panas

Kompres air panas ke perut dan punggung bawah saat mengalami nyeri haid sangat membantu mengurangi rasa sakit. Menurut penelitian pada 2012 pada 148 wanita berusia 18 tahun hingga 30 tahun yang memiliki siklus menstruasi teratur menemukan bahwa heat patch pada suhu 40 derajat Celsius sama efektifnya dengan mengkonsumsi ibuprofen.

Jika tidak memiliki botol panas atau bantal pemanas, bisa menggunakan untuk handuk panas yang sudah di rendam menggunakan air panas. Jika mempunyai waktu bisa membuat bantal pemanas sendiri, dengan cara :

  • Menggunakan 2 lembar kain kemudian jahit menjadi satu
  • sisakan lubang di bagian atas
  • Isi dengan beras mentah dan jahit lubangnya
  • Panaskan dalam microwave selama beberapa menit
  • Jangan terlalu panas
  • Kemudian balut dengan handuk untuk mengurangi perpindahan panas

3. Memijat dengan Minyak Esensial

Terapi pijat dapat membantu atasi nyeri haid. Sebuah studi pada 2010 mengamati 30 perempuan dengan nyeri haid disebabkan oleh endometriosis. Para peneliti menyatakan jika pijat dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit sebelum dan sesudahnya.

Terapi pijat dilakukan dengan penekanan pada titik-titik tertentu seperti di sekitar perut, bagian perut samping, dan punggung. Minyak esensial untuk pijat tidak hanya untuk aromaterapi tetapi memiliki manfaat.

Pada tahun 2012 para peneliti membagi 48 wanita yang mengalami nyeri haid menjadi dua kelompok, kelompok satu menggunakan krim yang mengandung minyak esensial, sementara kelompok kedua menggunakan krim yang mengandung wewangian sintetis. Kelompok satu dengan minyak esensial mengalami penurunan durasi nyeri yang signifikan. Minyak yang digunakan yaitu campuran lavender, clary sage, dan minyak marjoram.

4. Menghindari Makanan Tertentu

Saat menstruasi, sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan yang menyebabkan kembung dan retensi air. Makanan tersebut dapat memperburuk kondisi. Berikut makanan penyebab terbesar kondisi tersebut:

  • Makanan berlemak
  • Alkohol
  • Minuman berkarbonasi
  • Kafein seperti kopi
  • Makanan asin

Selama haid sebaiknya tidak dikonsumsi dahulu, karena dapat membantu atasi nyeri haid, mengurangi kram dan ketegangan saat mengalami nyeri saat masa haid. Sebagai gantinya, bisa dengan teh jahe atau mint yang menenangkan atau air panas yang diberi rasa lemon. Jika Anda membutuhkan rasa manis, bisa ditambahkan dengan madu.

5. Menambahkan Herbal ke dalam Diet

Beberapa tanaman herbal terbukti mengandung senyawa anti-inflamasi dan antispasmodik yang dapat mengurangi kontraksi otot dan pembengkakan yang terkait dengan nyeri haid. Apa saja yang termasuk?

  • Biji adas
  • Kayu manis J
  • Jahe Pycnogenol atau ekstrak kulit pinus
  • Daun dill atau adas sowa

Herbal-herbal tersebut bisa di dapatkan di toko obat, apotek, maupun toko online. Perlu dipastikan untuk membeli herbal di toko terpecaya agar mendapat herbal dengan kualitas yang bagus.

6. Konsumsi Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin yang dapat membantu meringankan gejala pramenstruasi (PMS) /. Sejak dulu, kunyit dipercaya ampuh atasi nyeri haid yang berupa kram perut, karena kurkumin bisa menghambat produksi prostaglandin yang berlebih di dalam rahim.

Namun perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi kunyit atau olahan kunyit terlalu banyak berisiko terserang sakit mag dan sakit perut. Jadi di komsumsi sesuai takaran dan tidak berlebihan agar tidak menimbulkan efek samping.

7. Konsumsi Air Putih

Minum air putih dapat membuat tubuh menghindari rasa kembung yang menyakitkan selama menstruasi. Air hangat atau panas sangat di rekomendasikan karena dapat mengatasi kram. Cairan panas meningkatkan aliran darah ke kulit dan dapat mengendurkan otot yang kram.

Air putuh juga dapat mencegah kekurangan air, karena saat merasa sakit cenderung kurang minum daripada biasanya. Makanan berbahan dasar air untuk meningkatkan hidrasi, seperti:

  • Selada
  • Seledri
  • Mentimun
  • Semangka
  • Beri, termasuk stroberi, blueberry, dan raspberry

8. Lakukan Olahraga Ringan

Berolahraga sebelum atau selama menstruasi mungkin tidak menarik bagi para wanita. Tetapi, olahraga dapat membantu melepaskan hormon endorfin. Penelitian menunjukkan bahwa olahraga juga efektif dalam mengurangi nyeri dan bahkan dapat menghilangkan ketergantungan mengkonsumsi obat pereda nyeri.

Berjalan dapat bermanfaat selama menstruasi sebagai pengganti aktivitas yang lebih berat. Yoga adalah olahraga ringan yang dapt membantu melepaskan endorfin dan mengurangi gejala menstruasi.

Para peneliti menemukan tiga pose yoga yang berbeda, yakni kobra, kucing, dan Ikan secara signifikan dapat mengurangi intensitas dan durasi rasa sakit selama menstruasi. Apabila rasa nyeri sudah tidak bisa diatasi sendiri, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk atasi nyeri haid kamu.

Nah, itulah sedikit bahasan tips mengatasi sakit nyeri saat haid dengan cepat dan aman. Jika kalian ternyata punya informasi mengenai mengatasi nyeri haid dengan ampuh versi kalian sendiri, kasih tau admin di kolom komentar ya.

Author - Tipsnesia

Insan bumi sederhana yang berusaha bermanfaat untuk banyak orang lain melalui berbagai macam informasi yang di muat di dalam artikel website Tipsnesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button