OTOMOTIF

Cara Cek Oli Mobil & Cek Kondisi Kualitasnya, Waktunya Ganti Oli?

Ketahui kualitas oli mobil dengan cara cek oli mobil agar tahu kapan waktunya ganti oli mobil

Tipsnesia.com – Cara cek oli mobil ialah salah satu cara pemeliharaan mobil dibengkel pada saat service. nah, kondisi mobil itu tidak selalu sama.

Contoh bagi mobil yang kerap melewati jalanan macet, meski km kecil tetapi mesin bertugas sesungguhnya lumayan lama. Alhasil, mutu oli mesin pasti akan menurun lebih cepat.

Jika kita ikuti agenda service, bisa jadi saat sebelum bertepatan ketika service kualitas oli mobil telah menurun jauh.

Jalan keluarnya, kita perlu butuh melaksanakan pemeliharaan minimun memeriksa mutu serta jumlah oli mesin. Untuk mengenali apakah oli mesin sedang baik ataupun butuh ditukar, kita harus mengecek oli dari mesin mobil.

Cara Cek Oli Mobil Dengan Mudah

Selaku owner alat transportasi, bisa jadi sebagian dari kamu belum ketahui metode memeriksa oli mobil yang betul.

Perihal ini amat diperlukan buat wawasan serta pula janganlah cuma yakin pada kata teknisi yang mengecek saja. Selanjutnya kita bahas metode untuk cara cek oli mobil dan alat transportasi kamu.

1. Matikan Mesin Mobil

Cara cek oli mobil yang pertama yaitu yakinkan mesin alat transportasi kamu telah pada kondisi mati. Yakinkan pula mobil kamu di parkirkan diatas dataran yang datar.

Menunggu sebagian menit sampai mesin melalui masa pendinginan, kira2 15 hingga 25 menit. Bila telah melampaui durasi yang ditunggu, saat ini kamu dapat membuka atap mesin mobil kamu.

2. Menggunakan Alat Dipstick / besi kecil/ kayu/ lidi

Ambil Dipstick kamu. Dipstick ialah salah satu bagian mobil yang ada di bagian tangki oli. Masukkan dipstick itu kedalam lubang oli.

Pastikan dipstick bersih saat sebelum dimasukkan ke pada tong oli supaya hasilnya terlihat jelas. Sehabis ditarik kamu akan melihat 2 ciri ialah” F” buat full serta” L” buat low.

Parameter Dispstick

Kamu dapat cek oli mobil kamu melewati garis yang tertera pada dispstick, serta terdapat sebagian hasil yang dapat dilihat di alat dispstick sebagai berikut :

  • Oli di garis” L”
    Maksudnya kapasitas dari oli itu LOW, maka butuh ditambahkan oli. Bila perihal ini terjadi maka bisa jadi terdapat kebocoran dalam zona dekat tong oli.
  • Oli di Tengah – tengah garis” L” serta” F”
    Ini berarti oli kamu pada kondisi wajar serta tidak terjadi kebocoran pada tangki. Yakinkan pula mutu oli apakah sedang baik ataupun tidak.
  • Oli di atas garis” F”
    Maksudnya oli kamu telah sangat penuh serta dapat overload. Tingkat oli yang kelewatan amat tidak bagus buat mesin, perihal ini menimbulkan mesin lebih berat dikala berjalan.

Cara Cek Kualitas oli mesin Mobil anda

Cara cek kualitas oli mobil yang terakhir yaitu membutuhkan analisa pada warna, tekstur dan kekentalan oli, alhasil kamu ketahui apakah oli ini pantas ataupun wajib diganti dengan yang baru atau tidak. selanjutnya tipsnesia akan kasih paham:

cek kualitas oli mesin
Cek kualitas oli mobil – Tipsnesia.com

– Cek Warna Oli dan Kekentalannya

Dikala warna oli telah sangat gelap serta cair, itu berarti oli telah wajib ditukar. Warna gelap dan kental menandakan oli sudah banyak bercampur material kotor yang diakibatkan gesekan mesin.

– Lihat Bercak Di Tangan

Cobalah buat meletakkan sedikit oli di tangan kamu, berikutnya bilas. bila tangan kamu sedang terasa lengket, maksudnya adalah oli mobil kamu sedang baik serta pantas gunakan. Tetapi bila sehabis dibersihkan rasa lengketnya lenyap berarti oli telah tidak pantas gunakan.

– Kapan Waktu Terakhir Mengganti Oli Mobil

Coba anda ingat kapan kamu ganti oli terakhir kali, oli yang diganti dengan cara teratur tentu akan sangat pantas dipakai.

Biasanya ketika anda ke bengkel mobil untuk ganti oli, maka anda akan diberikan catatan Kilometer untuk mengingatkan anda ganti oli setelah Km tersebut terlampaui.

Selamat kamu saat ini telah mengerti cara cek oli mobil dan metode memeriksa oli mesin mobil kamu. Jika dengan langkah ini kamu masih belum paham, anda bisa coba langsung ke bengkel dan bertanya pada teknisi mesin yang sudah jelas adalah ahlinya ahli dalam hal ini.

Author - Tipsnesia

Insan bumi sederhana yang berusaha bermanfaat untuk banyak orang lain melalui berbagai macam informasi yang di muat di dalam artikel website Tipsnesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button