TUTORIAL

MUDAH! Cara Cek Tipe HP Samsung dengan Cepat

Ada beberapa cara untuk mengetahui tipe HP Samsung yang bisa dilakukan dengan mudah

Tipsnesia.com – Ketahui cara cek tipe Hp Samsung dapat dilakukan dengan cepat dan bisa dilakukan dimana saja. Di era digital sekarang ini setiap tahunnya selalu saja muncul varian ponsel cerdas, khususnya dengan OS Android.

Melihat perkembangan ponsel pintar tersebut dengan OS Android yang semakin pesat, membuat sebagian orang juga bingung untuk mengetahui tipe hp android yang tengah digunakannya.

Faktanya kebanyakan orang jika ditanya tipe hpnya lebih menjawab ke nama brand/merk bukan ke tipe spesifik hpnya. Memang tidak ada yang melarang untuk menjawab seperti itu, namun dalam beberapa kasus untuk mengetahui tipe hp dapat dijadikan informasi yang lumayan penting.

Sebagai contoh, mengetahui tipe hp samsung kamu bisa membandingkannya dengan ponsel pintar merk yang sama tetapi tipenya yang berbeda. Tidak hanya itu saja, jika suatu hari kamu ingin menjual hp pintar pasti kamu perlu mengetahui tipe dan spesifikasi dari ponsel yang akan dijual.

Dengan mengetahui tipe hp samsung tersebut kamu bisa juga mengukur kinerja, melihat deretan hardware yang terpasang, dan beragam fitur yang ada di dalamnya. Ataupun, hanya sekadar ingin lebih mengenal dengan hp anda yang sedang digunakan.

Berikut Beberapa Cara Cek Tipe HP Samsung

Nyatanya tidak sedikit orang yang tidak tahu cara mengecek tipe hp yang sedang di gunakan. Padahal melihat tipe handpone tidak perlu membutuhkan pertolongan orang lain ataupun ke konter hp.

Lantas seperti apa saja langkah-langkah untuk melihat tipe hp android dari brand Samsung? Kita tidak perlu menghabiskan waktu yang lama, bisa dikatakan sangat mudah dan cepat. Kamu akan dibantu untuk menjawab pertanyaan tersebut, tentunya dengan cara yang mudah untuk diikuti dan dipahami. Nah, langsung sobat tipsnesia.com ikuti penjelasannya nya dibawah ya..!

Mengetahui Cara Cek Tipe HP Samsung dengan Cepat & Mudah
Mengetahui Cara Cek Tipe HP Samsung dengan Cepat & Mudah – Tipsnesia.com

1. Cek Tipe Hp Samsung dari Box Originalnya

  • Carilah kardus dari ponsel Samsung yang kamu simpan.
  • Selanjutnya perhatikan semua sisi kardus, mulai dari tulisan hingga sticker karena biasanya vendor ponsel mencantumkan tipe ponsel diantara tulisan-tulisan tersebut.
  • Misalnya seperti yang tercantum di kardus Samsung berikut ini.
  • Jika tulisan atau sticker pada kardus tersebut memudar, maka kamu bisa beralih ke buku panduan atau kartu garansi untuk melihat tipe Samsung.
  • Dapat dibilang metode ini sangat mudah, jadi sebaiknya kamu menyimpan kardus Samsung-mu dan tidak membuangnya.

2. Cek Tipe Hp Samsung di Menu Pengaturan

Cara cek tipe HP Samsung lainnya adalah dengan melihat menu pengaturan pada hp samsung. Langkahnya pun tidak membutuhkan waktu yang lama dan mudah.

  • Pertama yang dapat kamu lakukan yaitu membuka menu pengaturan atau Settings yang berlogo gerigi.
  • Setelah itu klik dan buka menu tersebut.
  • Kemudian cari menu Tentang Perangkat atau About Phone.
  • Berikutnya kamu akan ditampilkan informasi mengenai perangkat lunak atau software mulai dari status, nama perangkat, nomor model, informasi perangkat lunak, informasi hukum, dan informasi baterai.
  • Pada menu Status terdapat informasi mengenai IMEI, alamat IP, alamat Bluetooth, nomor serial, dan juga status perangkat apakah resmi ataupun tidak.
  • Di menu informasi perangkat lunak kamu dapat melihat versi Android, Versi Kernel, Nomor versi, SE untuk Android, Versi pita dasar dan Versi Knox.
  • Pada tutorial tersebut carilah menggunakan ponsel pintar Samsung Galaxy J2 Prima dengan nomor model SM-G532G/DS yang OS Android versi 6.0.1.
  • Setelah medapatkan nomor model, kamu bisa melakukan pencarian di browser dengan kode atau nomor model untuk mengetahui tipe dari ponsel Samsung milikimu.

3. Mengetahui Tipe Hp Samsung dengan Kode Rahasia

Kode rahasia pada Samsung dapat diakses dengan praktis yaitu melalui menu panggilan atau menu Phone, pada HP Samsung. Untuk cara cek tipe hp Samsung lewat Kode Rahasia, caranya sebagai berikut ini.

  • Pergi ke menu panggilan atau menu Phone, ikon menu panggilan berlokasi di sisi kiri bawah layar.
  • Selanjutnya ketik kode *#1234# lalu klik tombol panggil. Layanan ini tidak di potong biaya.
  • Kemudian, secara otomatis kamu akan melihat menu Version, yang berisi AP (Application Processor), CP (Core Processor), dan CSC (Customer Software Customization).
  • Setelah mengetahui kode tipe Samsung tersebut, bukalah mesin pencarian atau browser.
  • Silakan masuk ke Google dan ketik kode tipe Samsung yang tadi didapatkan dan kamu bisa melihat tipe Samsung-mu.

4. Menggunakan Bantuan Aplikasi CPU-Z

Cara cek tipe HP samsung yang terakhir melalui aplikasio CPU-Z. Aplikasi ini merupakan sebuah utilitas gratis yang dapat mendeteksi dan menampilkan semua data pada perangkat keras dan prosesor komputer maupun hanphone. Berikut ini langkah-langkah untuk melihat tipe Samsung melalui aplikasi CPU-Z

  • Unduhlah aplikasi CPU-Z di Play Store.
  • Setelah diunduh , kamu bisa mematikan paket data karena aplikasi ini bisa digunakan walaupun tidak terkoneksi dengan internet sekalipun.
  • Bukalah aplikasi tersebut maka akan ditampilkan secara lengkap mengenai informasi dari ponsel. Kamu tidak perlu mengisi data apapun, jadi tinggal mengklik aplikasi CPU-Z.
  • Pada laman aplikasi terdapat beberapa menu seperti System, Battery, Thermal, SOC, Device, Sensors, dan About. Setiap menu mempunyai informasi dan deskripsi yang berbeda-beda.

Nah, Itulah beberapa cara cek tipe HP Samsung, bagaimana sangat sederhana bukan? Bisa kalian praktekkan langsung untuk mengetahui tipe HP yang kalian gunakan. Selamat mencoba..

Author - Tipsnesia

Insan bumi sederhana yang berusaha bermanfaat untuk banyak orang lain melalui berbagai macam informasi yang di muat di dalam artikel website Tipsnesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button