TUTORIAL

4 Cara Cepat Menghaluskan Tepian Seleksi di Photoshop

Tutorial Menghaluskan Hasil Seleksi di Photoshop dengan Mudah

Di dalam artikel kali ini tipsnesia.com membagikan cara menghaluskan tepian seleksi di Photoshop.

Ketika melakukan seleksi seperti memakai Quick Selection Tool terkadang Anda mendapati tepi pinggir atau tepian pixelnya terlihat begitu tajam dan berkesan kurang natural.

Biasanya kita melakukan seleksi sebagai menggabungkan dua atau lebih objek, nah agar terlihat lebih menyatu salah satunya yaitu bersama cara menghaluskan tepian hasil seleksi tersebut.

Selain bersama menghaluskan tepian seleksi, masih banyak lagi efek dan pengaturan yang harus diberikan sebagai membuat dua foto terlihat menyatu di latar tempat yang sama.

Seperti pengaturan pencahayaan, pengaturan warna, pengaturan bayangan, melakukan seleksi bersama tool yang tepat agar rapi, dan masih banyak lagi cara agar 2 objek foto terlihat lebih menyatu ketika digabungkan.

Namun dalam tutorial kali ini tipsnesia.com membagikan cara melakukan seleksi sederhana dan cepat, namun bersama beberapa pengaturan agar tepian hasil seleksi tersebut terlihat rapi dan halus.

Okey dari pada banyak penjelasan diluar tutorial menghaluskan tepian seleksi di photoshop, langsung saja kita simak tutorial dibawah ini.

Berikut Cara Cepat Menghaluskan Tepian Seleksi di Photoshop

Cara Cepat Menghaluskan Tepian hasil Seleksi di Adobe Photoshop
Cara Cepat Menghaluskan Tepian hasil Seleksi di Adobe Photoshop – tipsnesia.com

1. Buka Foto di Adobe Photoshop

Langkah awal yaitu membuka foto yang anda miliki dan ingin edit lalu masukan di software Adobe Photoshop anda.

Import dengan cara langsung drag and drop di photoshop maupun dengan menggunakan cara membuat lembar kerja baru di Photoshop.

2. Seleksi Memakai Alat Quick Selection Tool

Selanjutnya yaitu melakukan seleksi terhadap objek foto tersebut, kita akan melakukan seleksi memakai alat bernama Quick Selection Tool.

Aksen Quick Selection Tool seperti yang pada dalam gambar.

Akses Quick Selection Tools di Photoshop
Akses Quick Selection Tools di Photoshop – tipsnesia.com

Kemudian lakukan seleksi di dalam objek foto dengan teliti.

Kelebihan memakai alat Quick Selection Tool untuk melakukan seleksi pada foto yaitu kita bisa melakukan seleksi foto dengan sangat cepat dan mudah, hanya dengan beberapa kali klik dan geser-geser mouse, serta sedikit mengatur ukuran bulatan selection tools, maka kita sudah sukses melakukan seleksi dalam foto.

Namun kekurangannya yaitu hasilnya cenderung kurang memuaskan jika dibandingkan bersama Tool seleksi seperti pen tool, yang mungkin memerlukan waktu lebih lama, namun hasilnya bisa dipastikan lebih rapi.

Nah, meskipun beberapa kasus melakukan seleksi bersama alat Quick Selection Tool hasilnya kurang memuaskan dan memiliki banyak masalah.

Seperti ada banyak seleksi yang offset atau kelebihan seleksi atau kurang terseleksi dengan pas, maupun tepian atau pinggiran hasil seleksi yang nampak pecah atau bergerigi diakibatkan posisi pixel tidak terseleksi secara rapi.

Dengan kekurang yang ada tersebut, kita harus menghaluskan tepian hasil seleksi itu di dalam langkah selanjutnya.

3. Cara Menghaluskan Foto Dengan Alat Select and Mask Photoshop

Setelah apa yang dibutuhkan pada objek foto sudah terseleksi, maka selanjutnya lihat di dalam posisi atas di Option Bar, lalu klik tombol Select and Mask.

Menu Select and Mask pada adobe photoshop
Menu Select and Mask didalam Adobe Photoshop – tipsnesia.com

Jika anda tidak menemukan tombol tersebut, Maka anda bisa langsung  mengakses menu Select > Select and Mask pada toolbar atas.

Atau dapat juga dengan tekan tombol shortcut (Alt+Ctrl+R) di dalam keyboard anda secara bersamaan.

Selanjutnya anda akan dialihkan ke tab baru yaitu Layer and Mask, perhatikan di dalam panel Properties di bagian sebelah kanan layar.

Panel Property Photoshop
Panel Property Photoshop – tipsnesia.com

di dalam menu View, pilih opsi pilihan On Black agar anda dapat melihat perbedaan preview langsung ketika melakukan pengaturan di dalam tepian yang di seleksi.

Kemudian klik menu dropdown Global Refinements dengan rincian sebagai berikut :

Menu Global Refinemments photoshop
  • Smooth berguna sebagai penghalus tepian hasil seleksi di dalam objek foto.
  • Feather berguna sebagai memperlebar atau zoom hasil seleksi di dalam posisi luar gambar.
  • Contrast berguna sebagai mengatur tingkat ketajaman warna di dalam posisi tepian seleksi gambar, atur 0% agar tepian hasil seleksi akan menjadi halus.
  • Shift Edge berguna sebagai mengatur tingkat kecondongan pergeseran tepian, apakah condong lebih halus di dalam tepian posisi dalam atau tepian posisi luar. Anda dapat menggeser ke kiri sebagai posisi condong kedalam dan dapat menggeser ke kanan sebagai lebih condong ke luar.

Jika sudah selesai pada tahap di atas, maka selanjutnya klik menu Dropdown Output Settings.

Di dalam tab Output to anda pilih opsi New Layer berguna untuk membuat layer baru dari hasil seleksi ini, tentunya anda dapat juga memilih opsi output lainnya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Jika yang anda inginkan sudah fix semuanya, maka langsung klik OK.

Maka Anda sudah sukses menghaluskan tepian hasil seleksi di Photoshop memakai Layer Mask.

4. Menghaluskan Tepi Gambar dengan Cara Manual

Cara manual ini memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Jika anda menginginkan cara menghaluskan tepian hasil seleksi menggunakan cara yang manual, silahkan simak tahap dibawah ini.

Anda bisa memakai fitur alat Blur Tool di dalam Adobe Photoshop.

Caranya yaitu dengan melakukan seleksi gambar terlebih dahulu, baik memakai alat Quick Selection, atau tool seleksi yang lain.

Langkah selanjutnya duplikat layer yang telah terseleksi dengan cara menekan tombol (Ctrl+J) di dalam keyboard secara bersama-sama.

Lalu pilih alat Blur Tool.

Setting size dan hardness adobe photoshop – tipsnesia.com

Selanjutnya atur ukuran (Size) dan juga atur tingkat kekerasan (Hardness) dengan alat Blur Tool.

Lakukan klik tekan lama dan gosok-gosokkan di dalam posisi tepian pada hasil seleksi yang telah anda lakukan sebelumnya sesuai keinginan anda.

Nah itulah 4 cara cepat menghaluskan tepian seleksi di photoshop dengan mudah. Baik dengan cara pertama atau pun cara manual, sebenarnya inti dari 2 cara itu adalah sama. 

Jika anda masih belum paham dengan cara diatas, bisa langsung tanyakan admin di kolom komentar ya. 

Semoga tutorial tentang photoshop kali ini bermanfaat bagi sahabat tipsnesia.com. Terima kasih telah meluangkan waktu berkunjung dan membaca hingga selesai.

Author - Tipsnesia

Insan bumi sederhana yang berusaha bermanfaat untuk banyak orang lain melalui berbagai macam informasi yang di muat di dalam artikel website Tipsnesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button