KESEHATAN

4+ Cara Menghilangkan Panic Attack dengan Cepat

Cara mengatasi panic attack dengan tepat

Tipsnesia.com, Surakarta Panic attack adalah sesuatu kecemasan yang menyerang kita secara tiba -tiba. Kita akan merasakan sensasi seperti cemas yang berlebih di dalam pikiran kita sendiri.

Serangan panic attack lebih berbahaya dari pada serangan kepanikan pada umumnya. Oleh karena itu jangan anggap sepele jika anda mengalami serangan panic attack ini atau akan mengakibatkan sesuatu yang fatal.

Nah agar hal ini tidak timbul hal yang fatal, maka kita perlu memahami cara menghilangkan panik attack dengan cara secepat dan setepat mungkin. Maka dengan itu kita bisa segera mengambil tindakan ketika anda menemui serangan panic attack ini.

Berikut adalah cara mengatasi panic attack dengan cepat dan tepat, dan tipsnesia akan memberikan sedikit tips bagaimana agar terhindar dari serangan panic attack ini.

Sebelum jauh membahas panic attack, mari kita kenali panic attack ini secara lebih mendalam agar bahasan kita hingga akhir akan lebih mudah anda pahami.

Mengenal Lebih Jauh Panic Attack (Gejala Panic Attack)

Mengenal Lebih Jauh Panic Attack serangan panik (Gejala Panic Attack)
cara mengatasi Panic attack, ilustrasi gejala panic attack – tipsnesia.com

Ketika seseorang terkena serangan panik biasanya akan merasakan sinyal bahaya seperti halnya ketika kita merasa ketakutan. Dalam kondisi seperti ini maka tubuh kita secara otomatis merespon rasa ketakutan ini dengan berbagai macam sensasi secara fisik ataupun psikologis.

Gejala ketika Serangan Panic antara lain yaitu :

  • Mengalami Panik yang berlebihan
  • Pikiran yang terus menerus cemas
  • Reaksi tubuh yang merespon dengan cepat
  • Jantung berdebar dan memikirkan kecemasan yang berlebih

Nah, jangan sampai anda menduga yang ternyata sebenarnya adalah gejala panic attack tetapi malah berasumsi mengalami serangan jantung atau (heart attack), tentu kondisi ini sangat berbeda jauh. Maka dari itu, perlu anda memahami dan mengenal lebih dalam mengenai panik attack ini.

Dengan memahami perbedaan antara panic attack dan heart attack maka kecemasan yang telah terjadi tidak akan semakin parah. Dan kita akan lebih memahami apa yang terjadi dan apa yang harus dilakukan.

Cara Menghilangkan Panic Attack

Lalu bagaimana cara mengatasi panic attack ini dengan langkah yang tepat agar segera meredakan rasa panik dan cemas yang timbul secara berlebihan.

1. Berfikir Selalu Negatif

Jika serangan panik menyerang, maka secara tidak sadar dirikita seperti di kuasai pikiran kita sendiri.
nah, hal ini lah yang biasanya menambah panik attack semakin jadi dan parah.
Maka dairi itu kurangilah berfikiran negatif ketika anda mengalami hal – hal yang mencemaskan.

2. Rileksasi Seluruh Tubuh dan Pikiran

Ketika anda mengalami gejala panik attack langkah yang tepat untuk mengatasinya adalah dengan merilekskan seluruh tubuh dan fikiran anda. Rileksasi otot-otot tubuh dapat dilakukan dengan cepat dan sangat efektif untuk meredakan rasa panik yang berlebihan. Lakukan rileksasi dari kepala hingga ujung tangan dan kaki kita. Lemaskan semua anggota tubuhmu dan lepaskanlah ketegangan yang yang sedang menguasai dirimu.

Mencegah dan Mengantisipasi Serangan Panik dengan Tepat

Agar kita tidak mengalami hal yang tidak di inginkan maka kita harus melakukan antisipasi terlebih dahulu. Antisipasi ini selain berguna untuk mencegah serangan panik juga berguna untuk menjaga tubuh semakin sehat dan bugar.

1. Olahraga Teratur

Berolahraga sudah seperti menjadi pokok makanan agar tubuh anda sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, salah satunya serangan panik ini. Olahraga yang menghasilkan keringat maka akan meningkatkan kadar endorfin
didalam tubuh kita guna mengatasi rasa stress. Selain itu menjaga olahraga teratur juga akan meningkatkan sirkulasi darah yang bermanfaat untuk kesehatan jantung serta otak kita.

2. Mengatur Pola Makan

Menjaga pola makan tak kalah penting untuk mengatasi panic attack, karena dengan pola makan yang teratur maka tingkat kekebalan tubuh akan meningkat. Tubuh akan menjadi lebih seimbang dan kontrol pikiran akan menjadi mudah dalam berfikir positif.

Anda perlu menghindari makanan yang berlemak serta ber alkohol. Jagalah pola makan dengan baik dan benar agar singkronisasi antara olahraga dan pola makan berjalan dengan baik. Jika kedua hal ini terbentuk dengan baik, maka tubuh anda akan memiliki daya tahan yang kuat serta memiliki tingkat kontrol yang tinggi.

Nah cara mengatasi panick attack, gejala serta pencegahannya telah tipsnesia sajikan. Jika suatu saat serangan panik menyerang anda maka lakukanlah apa yang telah anda baca dalam artikel ini sebagai langkah awal antisipasi. Dan selebihnya jangan lupa untuk tetap berkonsultasi dengan dokter.

Author - Tipsnesia

Insan bumi sederhana yang berusaha bermanfaat untuk banyak orang lain melalui berbagai macam informasi yang di muat di dalam artikel website Tipsnesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button