PENDIDIKAN

5 Cara Meningkatkan IQ Dengan Tepat dan Cepat

Tingkat kecerdasan atau IQ seseorang dipengaruhi oleh berbagai faktor

Tipsnesia.com – Meningkatkan IQ yang rendah bisa dari berbagai cara. IQ memang bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan keberhasilan dari seseorang.

Namun, jika anda ingin memiliki IQ yang lebih tinggi daripada yang lain, anda bisa mencoba beberapa cara meningkatkan IQ.

Intelligence quotient (IQ) merupakan istilah yang sering digunakan untuk mengukur kecerdasan intelektual. Selain itu juga untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam memahami gagasan, memecahkan suatu masalah, mempelajari macam-macam hal, hingga berpikir dan bernalar yang sesuai.

Related Articles

Sekarang ini skor IQ bahkan digunakan sebagai persyaratan masuk sekolah dan perguruan tinggi, atau bahkan pada saat melamar pekerjaan tertentu. Perusahaan atau lembaga umumnya akan melakukan tes IQ untuk mengetahui berapa jumlah skor IQ anda.

Nah, tetapi jangan bersedih bila sebelumnya Anda memperoleh skor IQ yang kurang memuaskan. ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan IQ. Sekaligus untuk mempersiapkan diri bila suatu saat anda harus menjalani tes IQ.

Macam-Macam Cara Meningkatkan IQ

Tingkat kecerdasan atau IQ dari seseorang dipengaruhi oleh beragam faktor, seperti asupan nutrisi, pola asuh, faktor genetik, riwayat pendidikan, hingga kondisi kesehatan.

Skor IQ bukanlah nilai yang tetap dan juga bisa berubah saat seseorang beranjak dewasa. Untuk meningkatkan IQ, ada berbagai cara yang bisa anda lakukan, seperti:

Meningkatkan IQ yang Bisa dengan berbagai macam cara
5 Cara Meningkatkan IQ yang Bisa di Coba-Tipsnesia.com

1. Melatih otak melalui permainan

Salah satu cara meningkatkan IQ yaitu dengan melakukan permainan yang bisa mengasah otak (brain games), contohnya puzzle, teka-teki silang, atau sudoku.

Aktivitas ini dipercaya dapat membantu meningkatkan kecerdasan dengan cara melatih daya ingat serta keterampilan bernalar maupun berbahasa.

2. Memainkan alat musik

Anda juga dapat meningkatkan IQ dengan belajar bermain alat musik. Menurut penelitian, memainkan alat musik dapat melatih kemampuan sensoris dan berpikir pada seseorang, koordinasi fisik, persepsi pendengaran, dan daya ingat anda.

Jangan khawatir bila Anda merasa kesulitan saat akan mempelajari alat musik. Anda tidak perlu menjadi musisi andal agar dapat mendapatkan manfaat musik untuk meningkatkan IQ.

3. Mempelajari bahasa asing

Belajar bahasa asing pun ternyata tak hanya memudahkan anda saat bepergian ke luar negeri, berinteraksi dengan orang dari berbagai negara, maupun mendengar lagu dan menonton film asing.

Memperkenalkan anak dengan bahasa asing sejak dini, dapat mendukung perkembangan otak dan meningkatkan kecerdasan.

Hal tersebut telah dibuktikan dari berbagai studi yang menyatakan bahwa orang yang bilingual terlihat memiliki IQ dan kemampuan belajar yang lebih baik. Dibandingkan dengan orang-orang yang hanya bisa berkomunikasi dengan 1 bahasa.

4. Membaca buku

Cara meningkatkan IQ lainnya adalah dengan membaca buku. Anda akan mencoba untuk mengikuti alur cerita, membayangkan, memahami, dan mengambil juga kesimpulan dari apa yang anda baca.

Tidak dapat disangkal, aktivitas tersebut menjadi salah satu cara klasik untuk melatih kemampuan untuk berpikir, menambah banyak wawasan, serta menjaga kesehatan dan fungsi otak.

Tak hanya membaca, membacakan buku cerita kepada anak pun juga baik bagi perkembangan otak mereka. Menurut penelitian, aktivitas tersebut dapat melatih kemampuan berbahasa dan berpikir anak.

5. Melanjutkan pendidikan formal atau mengikuti kursus

Pendidikan dalam bentuk apa pun itu sangat penting untuk mengembangkan kecerdasan atau meningkatkan IQ anda. Sebuah studi menunjukkan bahwa mengikuti pendidikan formal selama 1 tahun bisa meningkatkan juga skor IQ hingga 5 poin.

IQ yang tinggi masih sangat dipercayai sebagai kunci kesuksesan seseorang. Namun, kenyataannya skor IQ pun bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan hal tersebut.

Ada faktor lainnya yang juga berperan penting dalam mendukung kesuksesan, misalnya kerja ketekunan, kepribadian, keras, perilaku, dan emosi.

Oleh karena itu, tidak hanya IQ saja yang penting untuk ditingkatkan, namun diperhatikan juga kecerdasan emosional atau emotional quotient (EQ) yang tidak kalah pentingnya.

Jika Anda memiliki pertanya-pertanyaan seputar IQ ataupun cara untuk meningkatkan IQ, Anda dapat berkonsultasi langsung dengan psikolog.

Author - Tipsnesia

Insan bumi sederhana yang berusaha bermanfaat untuk banyak orang lain melalui berbagai macam informasi yang di muat di dalam artikel website Tipsnesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button