KESEHATAN

6 Cara Meningkatkan Trombosit Demam Berdarah

Cara Meningkatkan Trombosit Secara Alami

Tipsnesia.com– Cara meningkatkan trombosit pada penderita demam berdarah sangat di perlukan. Trombosit merupakan suatu sel darah yang membantu pembekuan. Jumlah normal trombosit adalah sebanyak 150.000-450.000. Jika kurang nilai tersebut, trombosit tidak bisa berfungsi maksimal. Namun, beberapa orang memiliki trombositopenia, atau jumlah trombosit dibawah normal.

Kondisi tersebut membuat mereka harus menemukan cara agar trombosit pada penderita demam berdarah bisa meningkat. Meningkatkan trombosit demam berdarah berperan penting untuk membantu penyembuhan pasien.

Cara meningkatkan trombosit ternyata bisa menggunakan cara-cara alami. Salah satunya dengan cara mengkonsumsi jenis makanan tertentu. Menurut penelitian sejumlah kandungan nutrisi yang terdapat di dalam makanan yang bisa menambah jumlah trombosit. Apa sajakah jenis makanan yang disarankan?

Cara Meningkatkan Trombosit

Salah satu cara yang bisa di lakukan untuk meningkatkan trombosit adalah dengan mengkonsumsi makanan tertentu. Makanan-makanan yang mengandung makanan vitamin B-12, C, D, zat besi, mineral dan folat dipercaya dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit seseorang secara alami, terutama untuk penderita demam berdarah.

Nyamuk demam berdarah
Cara Meningkatkan Trombosit – Tipsnesia.com

Berikut ini adalah makanan yang dapat di konsumsi untuk meningkatkan jumlah trombosit di antaranya adalah :

1. Makanan sumber Vitamin B-12

Cara meningkatkan trombosit bisa menggunaka makanan yang banyak mengandung vitamin B-12. Vitamin B-12 bisa membantu menjaga sel darah tetap sehat. Jika kekurangan asupan vitamin ini akan berkaitan dengan penurunan jumlah trombosit. Beberapa jenis makanan kaya vitamin B-12 yang bisa dikonsumsi adalah telur dan daging sapi. Jenis makan tersebut mudah untuk di dapatkan dan pengolahannya pun mudah sehingga bisa dikonsumsi kapanpun.

2. Konsumsi Folat

Folat adalah vitamin B esensial yang baik untuk sel darah. Menurut penelitian, orang dewasa membutuhkan 400 mikrogram (mcg) folat setiap hari dan wanita hamil membutuhkan 600 mcg.

Cara menaikkan trombosit selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung folat. Beberapa contoh makanan yang kaya akan kandungan folat, seperti buah alpukat, pisang, kangkung, bayam dan kacang-kacangan.

3. Perbanyak Vitamin C

Asupan vitamin C membantu untuk menaikkan kadar trombosit. Vitamin ini juga bisa meningkatkan kerja sel darah agar lebih maksimal, termasuk trombosit.

Jambu biji disebut sebagai salah satu buah yang dapat menambah trombosit. Jambu biji mengandung zat aktif yang disebut trombino, yang mampu merangsang trombopoietin untuk menghasilkan keping darah lebih banyak.

Selain jambu biji, contoh makanan yang mengandung vitamin C adalah jeruk, tomat, mangga, pepaya, kiwi, paprika dan brokoli.

4. Jangan Lupa Zat Besi

Fungsi Zat besi mempunyai fungsi untuk membawa oksigen ke otot dan otak. Jika seseorang kekurangan zat besi dalam makanan, maka akan berpengaruh ke efisiensi energi tubuh. Zat besi membantu meningkatkan fokus dan tingkat konsentrasi, mengurangi iritabilitas, meningkatkan stamina, dan menjaga kesehatan sel-sel darah. contoh makanan yang mengandung zat besi adalah kangkung, jagung, bayam, buah aprikot.

5. Hindari Alkohol

Faktanya, konsumsi alkohol dalam makanan maupun minuman yang berlebih bisa menyebabkan jumlah trombosit terus menurun. Maka dari itu, bagi pasien dengan jumlah trombosit rendah atau abnormal lebih baik menghindari atau mengurangi alkohol.

6. Suplemen Tambahan

Selain melalui makanan dan cara alami, cara menaikkan trombosit juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi suplemen tambahan. Suplemen ini dapat membantu menaikkan jumlah trombosit lebih cepat daripada melalui makanan. Sehingga, pilihlah suplemen yang mengandung beragam nutrisi pendukung kesehatan sel-sel darah.

Untuk penderita demam berdarah, trombosit merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan untuk membantu proses penyembuhan pasien. Semoga uraian di atas dapat membantu kalian mengatasi permasalahan tentang kekurangan trombosit.

Author - Tipsnesia

Insan bumi sederhana yang berusaha bermanfaat untuk banyak orang lain melalui berbagai macam informasi yang di muat di dalam artikel website Tipsnesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button