KESEHATAN

5 Kunci Cara Menjaga Kesehatan Kulit Agar Awet Muda

Kesehatan kulit perlu diperhatikan agar kulit tidak cepat mengalami penuaan dini

Tipsnesia.com – Menjaga kesehatan kulit sangatlah penting. Kulit merupakan organ tubuh manusia yang paling luar dan paling besar. Lapisan kulit menjadi sangat rentan mengalami kontaminasi kuman, kotoran, dan bakteri. Kamu tidak boleh acuh tak acuh terhadap kondisi kesehatan kulit, karena bisa berdampak pada kondisi yang lebih serius.

Kulit adalah bagian terluar dan sebagai pelindung tubuh manusia yang bersifat lentur, tahan air, tapi tetap kuat. Mempunyai permukaan yang halus, ditumbuhi bulu halus dari pori-pori bertugas untuk mengeluarkan keringat. Struktur kulit terbagi tiga yaitu lapisan utama epidermis sebagai bagian terluar, lapisan dermis berada di bagian tengah, dan yang terdalam yakni hipodermis atau disebut subkutan.

Karena kulit mempunyai peran untuk melindungi tubuh, kulitpun langsung terkena paparan sinar UV, polusi udara, dan lain sebagainya yang membuat kondisi kulit sangat diperhatikan. Agar fungsi dari kulit tetap berjalan normal dan menjadi sehat maupun terawat.

Cara Menjaga Kesehatan Kulit :

Menjaga kesehatan kulit tentunya tidak hanya mencakup penggunaan produk-produk skin care, tetapi perlu perawatan dari dalam dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Ada tiga hal mendasar yang perlu kamu lakukan untuk mendapatkan kulit yang sehat, yaitu dengan membersihkan, menjaga kelembapan, dan melindunginya.

Tipe kulit juga berkaitan dengan kulit sehat dan terawat. Meski memiliki kering, kulit berminyak, atau kulit sensitif, kamu tetap bisa mempunyai kulit yang sehat. Berikut ini tips mudahnya:

1. Menerapkan Pola Makan Sehat

Makanan yang kamu konsumsi sehari-hari sangat berpengaruh bagi kondisi kesehatan kulit. Di samping memenuhi asupan gizi seimbang, perhatikan juga menu harian yang mengandung vitamin dan antioksidan untuk membantu menjaga kesehatan kulit. Beberapa rekomendasi yang bisa di coba, yaitu:

  • Sayuran dan buah berwarna jingga seperti tomat dan wortel.
  • Sayuran hijau, seperti brokoli dan bayam.
  • Susu rendah lemak.
  • Buah beri.
  • Ikan salmon dan kembung.
  • Kacang-kacangan.

2. Mengelola Stres dengan Baik

Ketika kamu sedang mengalami stres, tubuh akan memproduksi dan mengeluarkan hormon kortisol yang mengakibatkan meningkatnya produksi minyak alami pada kulit secara berlebih. Minyak yang berlebihan tentu berdampak pada penyumbatan pori-pori kulit yang membuat bakteri terjebak didalamnya. Inilah penyebab kamu mengalami jerawat ketika stres.

Selain itu, perawatan kulit sangat diperlukan apabila kamu mengalami stres. Sehingga kamu perlu meluangkan waktu untuk melakukan aktivitas yang kamu sukai untuk mengurangi kondisi tersebut. Apabila di perlukan kamu bisa langsung bercerita pada psikolog jika membutuhkan saran langsung dari ahlinya.

3. Cukup Istirahat

Mendapatkan cukup tidur sangat diperlukan juga untuk kulit dapat istirahat dan memperbaiki sel-sel yang mengalami kerusakan. Sebuah penelitian dalam Jurnal Clinical and Experimental Dermatology mengatakan, orang yang bisa mendapatkan tidur antara 7 sampai 9 jam saat malam mempunyai kulit yang lebih lembap dan terlihat sehat.

Tak hanya itu saja, waktu tidur yang cukup turut mencegah terbentuknya kantung pada mata. Selain itu, kerusakan pada kulit yang diakibatkan karena paparan sinar UV dan kulit kusam pun dapat kamu hindari.

4. Tidak Merokok

Cara menjaga kesehatan kulit selanjutnya adalah tidak merokok. Merokok dapat mengakibatkan terjadinya penyempitan pembuluh darah kecil pada lapisan kulit paling terluar. Sehingga berdampak pada penurunan aliran darah dan kulit terlihat pucat serta kusam.

Di samping itu, merokok juga dapat menyebabkan kerusakan elastin dan kolagen pada jaringan kulit. Padahal keduanya merupakan protein yang sangat berperan penting untuk menjaga elastisitas dan kesehatan kulit. Kerusakan tersebut akan menyebabkan terbentuknya kerutan pada kulit sehingga kulit pun terlihat lebih tua dan kusam.

5. Aktif Bergerak

Melakukan aktivitas fisik seperti olahraga secara rutin akan membantu menjaga kulit tetap sehat. Cara tersebut dapat meningkatkan asupan darah yang kaya akan nutrisi dan oksigen pada sel-sel kulit. Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam Jurnal Aging Cell mengatakan, tubuh akan melepaskan suatu senyawa yang dinamakan dengan IL-15 ketika melakukan aktivitas fisik seperti olahraga.

Nutrisi dan oksigen yang tepat dan sesuai akan membantu sel kulit meremajakan diri. Sedangkan IL-15 tersebut dapat membantu menghambat terjadinya kerusakan pada kulit sampai ke tingkat sel. Sehingga kulit pun akan tetap sehat dan tidak mengalami proses penuaan dini secara cepat.

Nah, itu tadi beberapa penjabaran cara menjaga kesehatan kulit yang bisa kamu lakukan. Tentunya perlu dilakukan secara disiplin untuk mendapatkan hasil kulit yang lebih sehat. Semoga berhasil..

Author - Tipsnesia

Insan bumi sederhana yang berusaha bermanfaat untuk banyak orang lain melalui berbagai macam informasi yang di muat di dalam artikel website Tipsnesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button