DIET

Diet Untuk Menurunkan Hipertensi Secara Alami

Hipertensi bisa bersumber dari pola hidup yang tidak sehat

Tipsnesia.com Diet untuk menurunkan hipertensi sangat di butuhkan bagi penderitanya. Mayoritas orang yang menderita hipertensi seringkali tidak menyadari bahwa dirinya telah terkena penyakit tersebut. Terkadang ada sebagian orang yang tidak mengalami adanya gejala yang dirasakan.

Di sisi lain, penderita hipertensi masih bisa mengatur tekanan darahnya secara mandiri tanpa perlu mengonsumsi obat-obatan.Risiko hipertensi pun masih bisa ditekan dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran penurun tekanan darah.

Keduanya merupakan makanan yang penting dari DASH (dietary approaches to shop hypertension) atau diet tekanan darah. Diet tersebut harus terdiri dari beragam jenis makanan sehat, seperti kacang-kacangan, ikan, unggas, dan susu rendah lemak.

Beberapa Jenis Makanan Diet Untuk Menurunkan Hipertensi:

1. Makanan pokok yang bervariasi

Diet penurun tekanan darah tinggi sebaiknya mengkonsumsi makanan pokok yang dihidangkan dalam porsi kecil. Namun bisa sebanyak 7 – 8 porsi kecil dalam satu hari. Jenis makanan pokok yang kamu pilih juga bisa beragam, seperti nasi, roti gandum maupun pasta.

2. Sayur

Dalam diet untuk menurunkan hipertensi, bisa mengkonsumsi sayuran dalam satu hari sebanyak 4 – 5 porsi kecil. Dengan menggunakan perkiraan per satu kali sajian yaitu satu mangkuk sayuran mentah atau bisa setengah mangkuk sayuran yang sudah di masak.

3. Buah

Seperti sayuran, konsumsi buah-buahan dalam satu hari bisa sebanyak 4 – 5 porsi. Buah yang dikonsumsi pun dapat bervariasi, seperti buah segar langsung makan, buah kering maupun olahan buah seperti jus.

Pelaku diet untuk menurunkan hipertensi dapat memilih satu buah utuh yang berukuran sedang, setengah cangkir buah segar,seperempat cangkir buah kering maupun segelas jus buah tanpa gula.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan baik mentah ataupun matang juga dapat dikonsumsi bagi pelaku diet hipertensi. Setiap minggunya bisa mengkonsumsi sebanyak 4 – 5 porsi kecil. Pada setiap satu porsi cukup berisikan 1/3 cangkir kacang mentah saja atau setengah cangkir kacang yang sudah dimasak.

5. Susu

Susu maupun produk olahan dari susu rendah lemak juga bisa dijadikan pilihan. Segelas susu lowfat, secangkir susu, atau 2 – 3 lembar keju pun bisa dijadikan pendamping makanan ideal program diet untuk menurunkan hipertensi yang dapat dikonsumsi cukup sebanyak 2 – 3 kali per hari.

6. Daging merah tanpa lemak, ikan dan unggas

Daging sapi merupakan daging yang rendah lemak. Selain itu ikan dan unggas pun dapat dikonsumsi sebagai diet menurun hipertensi karena lemak yang terkandung tidak terlalu tinggi seperti daging kambing. Cukup konsumsi sebanyak dua porsi sedang setiap harinya.

7. Minyak sayur atau margarin

Pelaku diet untuk menurunkan hipertensi bisa saja menggunakan minyak sayur ataupun margarin, akan tetapi dengan jumlah yang sangat dibatasi. Sebaiknya penggunaan minyak sayur atau margarin maksimal 2 – 3 porsi setiap harinya. Untuk campuran makanan, pelaku diet penurun tekanan darah dapat memilih antara minyak sayur, margarin, atau mayones rendah lemak.

8. Makanan manis

Saat menjalani diet untuk menurunkan hipertensi boleh saja mengonsumsi makanan manis, tetapi harus dalam jumlah yang dibatasi. Cukup mengkonsumsi kurang dari 5 sajian di setiap minggunya. Usahakan pada setiap sajian tidak mengandung lebih dari 1 sendok makan gula atau bisa dengan porsi sangat kecil.

Disamping itu Untuk hasil yang lebih maksimal, perlu menerapkan pola makan sehat yang telah dijelaskan, penderita hipertensi juga perlu menerapkan pola hidup sehat.  Seperti berolahraga, mengurangi makanan dengan kadar garam yang tinggi, mengurangi konsumsi minuman yang berkafein. Selain itu tidak merokok, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol dan bisa melakukan manajemen stres dengan baik.

Jangan lupa untuk mengonsultasikan kesehatan ke dokter agar kondisi dan perkembangan hipertensi senantiasa terpantau, dan dapat diberikan pengobatan hipertensi jika diperlukan. Semoga bermanfaaat

Author - Tipsnesia

Insan bumi sederhana yang berusaha bermanfaat untuk banyak orang lain melalui berbagai macam informasi yang di muat di dalam artikel website Tipsnesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button