KESEHATAN

7 Makanan Pembersih Ginjal dari Racun yang Masuk ke Tubuh

Ginjal berfungsi sebagai penyaring racun dalam tubuh sehingga harus diperhatikan kesehatannya

Tipsnesia.com – Makanan pembersih ginjal sangat dibutuhkan untuk membantu mengoptimalkan kerja ginjal. Ginjal merupakan organ vital dalam tubuh yang memiliki salah satu fungsi penting, seperti menyeimbangkan kadar air, kadar garam, sampai mineral dalam tubuh, menyaring racun di dalam darah, serta mengatur tekanan darah.

Ketika fungsi ginjal terganggu dan abnormal, maka akan terjadi penumpukan sisa-sisa limbah dalam tubuh, serta racun dalam darah tidak tersaring dengan baik padahal akan dialirkan ke seluruh tubuh dan dapat berakibat fatal.

Berikut Beberapa Makanan Pembersih Ginjal

Dikutip dari Media Medical News Today, orang-orang dapat menjaga kesehatan ginjal dengan cara menjaga tubuh tetap terhidrasi dan mengkonsumsi makanan yang sehat. Membersihkan ginjal dapat membuat kerja ginjal dalam tubuh menjadi optimal.

Makanan Pembersih Ginjal
7 Makanan Pembersih Ginjal dari Racun dalam Tubuh- Tipsnesia.com

1. Air

Air merupakan presentasi paling banyak di dalam tubuh. Kebutuhan cairan yang cukup dalam tubuh dapat membantu organ-organ bekerja dengan optimal, termasuk ginjal. Sebuah studi mengatakan, minum air 6 hingga 8 gelas atau 1 liter per hari dapat mencukupi kebutuhan cairan harian dalam tubuh.

Sebagai organ yang berfungsi sebagai penyaringan tubuh, ginjal membutuhkan cukup air untuk mengeluarkan urine. Urine merupakan produk limbah utama yang memungkinkan tubuh untuk membuang zat yang tidak diinginkan atau tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Ketika presentasi air rendah, maka volume urine pun juga rendah. Hal tersebut dapat menyebabkan disfungsi ginjal, seperti pembentukan batu ginjal dan itu akan membahayakan tubuh.

2. Anggur

Makanan pembersih ginjal selanjutnya adalah anggur serta buah beri-berian seperti bluebery, strawbery dan lainnya baik untuk kesehatan ginjal. Anggur sendiri mengandung senyawa resveratrol yang mempunyai fungsi untuk menurunkan peradangan ginjal.

Tidak hanya mempunyai rasa yang enak saja, anggur juga termasuk makanan yang baik untuk penderita gagal ginjal. Selain mengandung senyawa resveratrol, buah ini tinggi akan vitamin C dan mengandung antioksidan bernama flavonoid yang berfungsi mengurangi peradangan.

3. Jus Buah

Buah-buahan yang mempunyai mengandung asam sitrat seperti jeruk, lemon, dan melon sangat baik bagi kesehatan organ ginjal. Asam sitrat bekerja membantu mencegah pembentukan batu ginjal dengan cara mengikat kalsium pada urine. Sehingga asam sitrat dapat menghambat pertumbuhan kristal kalsium yang menyebabkan batu ginjal.

4. Makanan yang Kaya Kalsium

Menurut studi terbaru menunjukkan bahwa kalsium dapat berfungsi untuk melindungi ginjal, terlebih jika dikombinasi dengan cukup minum air putih. Sebelum itu banyak yang beranggapan bahwa menghindari konsumsi yang mengandung kalsium akan baik bagi kesehatan ginjal.

Faktanya kalsium dibutuhkan juga oleh tubuh untuk mengurangi penyerapan oksalat urine yang dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal. Makanan yang kaya akan kalsium antara lain tahu, susu kedelai, dan almond.

5. Ikan

Makanan pembersih ginjal yang lainnya adalah ikan berlemak seperti salmon dan tuna banyak mengandung omega 3. Menurut penelitian National Kidney Foundation, omega-3 dapat mengurangi kadar lemak dalam darah yang berlebih dan juga membantu mengontrol tekanan darah. Karena tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko penyakit ginjal, maka omega 3 dapat membantu menjaga ginjal agar tetap sehat.

6. Sayuran

Sayuran seperti bayam juga merupakan sumber magnesium yang sangat baik. Kamu bisa memasukkan bayam ke dalam menu makanan sehat untuk ginjal. Jenis sayuran lainnya yang juga baik untuk kesehatan ginjal adalah kembang kol dan kangkung. Sayuran ini kaya akan vitamin C, sumber folat dan serat yang baik sehingga sanggat di butuhkan untuk mengoptimalkan kerja ginjal.

7. Apel

Makanan pembersih ginjal yang ini merupakan buah yang mengandung serat penting yang disebut pektin. Pektin terdapat pada buah apel yang bekerja membantu mengurangi beberapa faktor risiko kerusakan ginjal, seperti kadar kolesterol dan gula darah yang tinggi.

Buah apel memiliki kandungan kalium yang rendah sehingga bisa dikonsumsi bagi penderita gagal ginjal. Apel juga mengandung serat yang berfungsi menyerap racun di tubuh, sehingga dapat membantu meringankan kerja ginjal. Selain itu apel juga dapat mengurangi peradangan dalam tubuh dan berfungsi baik bagi saluran pencernaan.

Nah itulah beberapa penjelasan tentang makanan pembersih ginjal, karena ginjal sangat di butuhkan utuk menyaring racun di dalam tubuh. sehinga kita perlu menjaga fungi ginjal agar tetap optimal. Semoga informasi di atas bisa berguna bagi kita semua….

Author - Tipsnesia

Insan bumi sederhana yang berusaha bermanfaat untuk banyak orang lain melalui berbagai macam informasi yang di muat di dalam artikel website Tipsnesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button