IBU HAMIL

Makanan Penambah HB Ibu Hamil – Ini Paling Rekomendasi

Tipsnesia.com РMakanan Penambah Hb Ibu Hamil sangat diperlukan sebab Ibu hamil gampang merasa lelah. Tidak hanya itu wajah menjadi pucat, sering merasa pusing, sering merasa tidak sehat,  itu merupakan dampak dari tekanan darah rendah.

Dampak dari anemia seringkali membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. Selain itu dapat mengganggu aktifitas bagi ibu hamil yang sedang bekerja.

Apa pengertian Anemia?

Anemia ataupun kurang darah merupakan sesuatu kondisi jika jumlah sel darah merah (hemoglobin) ada di bawah batas normal. Hemoglobin yang terdapat dalam sel darah merah berperanan mengangkat zat asam dari alat pernapasan serta menghantarnya ke semua bagian tubuh.

Jumlah hemoglobin normal untuk pria yakni 13. 5- 18. 0 gr atau dL serta untuk wanita normal yakni 12- 16 gr atau dL. Sedangkan untuk wanita hamil, jumlah hemoglobin nya berbeda yaitu 10- 15 gr atau dL.

Umumnya jumlah hemoglobin saat sebelum berbadan dua serta ketika berbadan dua bisa berubah. Tetapi , bila jumlah hemoglobin tersebut kurang dari 10, ibu hamil akan mempunyai resiko terkena anemia.

Contoh- contoh Makanan Penambah Hb Ibu Hamil

Sepanjang kehamilan, tubuh ibu hendak memproduksi sel darah merah untuk janin yang dikandung. Anemia dalam ibu hamil bisa berlangsung apabila mengkonsumsi makanan yang tidak mengandung sel darah merah. Nutrisi yang di butuhkan pada proses pembentukan sel darah merah antara lain zat besi serta asam folat.

Untuk penjelasan lebih detail, bisa kamu membaca keterangan yang ada dibawah ini sampai habis. Beberapa contoh makanan yang dapat dikonsumsi, adalah sebagai berikut :

1. Brokoli.

Makanan penambah hb ibu hamil yang pertama yaitu brokoli. Tidak semua ibu senang mengkonsumsi brokoli karena rasanya yang hambar. Tetapi brokoli amat baik bagi ibu hamil. Sayur hijau ini mengandungi vit, zat besi serta folat. Brokoli ini pula mengandung antioksidan yang sanggup melawan penyakit.

2. Limau.

Limau mengandung magnesium serta potasium yang besar. Kedua- dua faktor ini menolong menunjang kesehatan organ jantung. Di samping itu potassium bisa menaikkan gerakan darah serta melegakan titik berat darah. Sehingga dapat melancarkan kerja dari jantung.

3. Daging Merah.

Daging merah mengandung  zat besi yang besar yang dapat meningkatkan hb saat hamil. Kamu perlu tahu bahwa zat besi dari sumber hewan lebih gampang diserap berbanding sumber lain. Olahan daging bisa kamu jadi kan menu makanan sesekali dalam seminggu.

4. Delima.

Makanan penambah hb ibu hamil yang lain adalah buah delima. Buah ini bisa menjaga jumlah sel darah merah, selain itu zat besi yang ada pada buah delima bisa meredakan gejala anemia. Bila susah mendapat buah delima segar, ibu bisa memembeli tepung delima yang sudah banyak dijual di pasaran. Cara mengkonsumsinya dengan mengikut takaran yang sesuai buat ibu hamil.

5. Kacang-kacangan.

Kacang-kacangan merupakan salah satu makanan penambah hb ibu hamil yang dapat mencegah anemia. Jenis kacang-kacang hampir semua nya mudah di dapat, seperti kacang tanah, kacang kedelai, kacang hijau, dan kacang mete. Semua jenis kacang tersebut bisa dikonsumsi secara bergantian.

6. Bayam.

Sayuran berdaun hijau yang dapat menaikkan hb, salah satunya yakni bayam. Bayam sangat bagus untuk golongan sayuran buat ibu hamil. Bayam merah atau hijau, menyerap zat besi serta folat buat melawan anemia. Selain itu, bayam juga sangat mudah di dapat dengan harga yang terjangkau.

7. Hati Ayam.

Menurut penelitian untuk rekomendasi makanan penambah hb ibu hamil, hati ayam dalam ( 100gr) memiliki 9 miligram zat besi. Sedangkan hati sapi mengandung  kalori lebih banyak dibanding dengan jenis hati lain, tetapi banyak mengandungi kandungan zat besi yang besar juga.

Tetapi kita tidak diperbolehkan memakan sangat sering kerena hati ialah organ dalam yang tidak bagus buat otak kita. Hati bisa di konsumsi sesekali sebagai pengganti saja, dan tidak dijadikan makan utama.

8. Kurma.

Makanan sunnah ini banyak khasiatnya bagi tubuh. Bukan saja mengandung vitamin saja, justru buah ini bagus buat meningkatkan hb di saat hamil. Kurma bukan hanya dikonsumsi pada bulan ramadhan saja, untuk sekarang kurma di temui kapanpun.

9. Jambu Biji.

Makanan penambah hb ibu hamil yang terakhir yaitu jambu biji. Jambu biji dianjurkan kerana dia mengandung Vit C. Vit C ini dapat membantu absorbsi zat besi pada tubuh. Menurut analisis, buah jambu biji mempunyai kandungan Vit C 2 kali lebih banyak dari Vit C yang terdapat di pada buah jeruk.

Begitulah sebagian makanan yang dapat Ibu hamil konsumsi untuk meningkatkan Hb dengan cara alami. Selamat mencoba…

Author - Tipsnesia

Insan bumi sederhana yang berusaha bermanfaat untuk banyak orang lain melalui berbagai macam informasi yang di muat di dalam artikel website Tipsnesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button