IBU HAMIL

15 Manfaat Edamame Bagi Ibu Hamil

Tipsnesia.com Manfaat edamame bagi Ibu hamil sudah banyak diketahui oleh masyarakat. Edamame sendiri mudah di dapatkan, seperti pada pasar tradisional maupun pasar modern.

Edamame merupakan jenis kacang-kacangan. Terdapat di seluruh dunia, paling banyak di temui di Asia. Khasiat yang terkandung pada edamame sangat banyak.

Selain itu edamame mempunyai rasa yang enak dan gampang pengolahannya. Cukup di rebus dan ditambah sedikit garam atau tanpa garam, edamame sudah di hidangkan.

Kandungan Utama yang Terkandung Pada Edamame

Kacang-kacangan ini merupakan jenis kedelai unggulan. Kandungan nutrisinya pun sangat beragam, diantaranya :

  • Protein
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Kalsium
  • Zat besi
  • Kalium
  • Seng
  • Vitamin C, Vitamin A, Vitamin K
  • Asam amino
  • Asam folat
  • Beta karoten
  • Lutein dan zeaxanthin
  • Isoflavon
  • Kolin

Nutrisi yang terkandung di atas sangatlah di butuhkan bagi ibu hamil. Kalori yang terkandung pada edamame sangat rendah, sehingga sangat di sarankan untuk ibu hamil maupun untuk progam diet.

Manfaat Edamame bagi Ibu Hamil

Manfaat Edamame bagi Ibu Hamil
Manfaat Edamame bagi Ibu Hamil

Pada Ibu hamil sangat di butuhkan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan janin dalam kandungan. Beragam nutrisi yang terdapat pada edamame, mempunyai berbagai manfaat bagi ibu hamil, seperti :

1. Membantu Perkembangan Janin

Manfaat edamame bagi Ibu hamil pertama yaitu membantu perkembangan pada janin. Kandungan yang membantu perkembangan janin adalah asam amino. Selain asam amino, kalsium juga dapat membantu pembentukan tulang pada janin.

2. Mengurangi Resiko Cacat Janin

Asam amino berfungsi untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan otak pada janin. Sehingga edamame dapat mengurangi resiko janin terlahir cacat.

3. Mengurangi stress pada Ibu hamil

Pada masa kehamilan membuat Ibu hamil mengalami kecemasan yang berlebih. Kondisi tersebut dapat membuat ibu mengalami stress dan bisa mempengaruhi kondisi janin.

Kandungan asam folat dapat menekan hormon homosistein yang berlebih. Hormon tersebut dapat memngganggu suasana hati, nafsu makan pada ibu hamil.

4. Menjaga Berat Badan

Berat badan berlebih dapat membuat kerja sendi-sendi dalam tubuh menjadi semakin berat. Dapat menyebabkan pembekakan pada beberapa sendi.

Serat ini bisa mengikat air dan makanan yang telah masuk ke dalam lambung. Di samping itu, bisa membantumu menurunkan nafsu makan.

Kalori pada edamame yang cukup rendah membuat makanan ini cocok di konsumsi oleh ibu hamil. Nutrisi yang lengkap namun tidak mempengaruhi berat badan sangat di butuhkan untuk ibu hamil.

5. Melancarkan BAB

Ibu hamil mempunyai masalah tentang pencernaan, yang membuat ibu mengalami sembelit. Serat yang terkandung pada edamame sangat berguna untuk kelancaran BAB pada ibu hamil.

6. Mengurangi Resiko Anemia

Masa kehamilan rentan sekali terkena anemia. Anemia dapat di cegah dengan mengkonsumsi edamame. Zat besi, kalsium dan kalium dapat membuat ibu terhindar dari penyakit anemia pada kehamilan.

7. Pembentukan Tulang pada Janin

Manfaat edamame bagi Ibu hamil lainnya yaitu pembentukan tulang pada janin. Vitamin K, kalsium, zat besi pun berfungsi untuk pembentukan tulang dan gigi pada janin.

Nutrisi tersebut juga bermanfaat untuk memperkuat fungsi tulang pada ibu. Selain itu bisa mengurangi resiko osteoporosis.

8. Meningkatkan Sistem Imun

Mempunyai sistem imun yang baik sangat di perlukan oleh ibu hamil. Ibu hamil sangat rentan terhadap beberapa virus dan penyakit.

Edamame memiliki kandungan 60 persen nutrisi dari total kebutuhan tubuh. Vitamin-vitamin yang terdapat pada edamame dapat meningkatkan sistem imun pada ibu hamil, mengurangi resiko virus yang masuk ke dalam tubuh.

9. Kesehatan Kulit

Kedelai jenis ini mempunyai manfaat yang bagus untuk kulit. Selain kulit pada ibu, edamame juga bagus untuk kulit janin.

Isoflavon dapat bekerja sebagai antioksidan yang berguna untuk proses regenerasi pada kulit.

10. Sumber Protein baik

Protein merupakan nutrisi yang sangat di butuhkan untuk manusia. Kekurangan sedikit saja dapat menimbulkan gangguan kesehatan.

Protein nabati terbaik terdapat pada edamame, asam amino esensial sangat di butuhkan untuk perkembangan janin.

11. Memperbaiki Kualitas Tidur

Masalah insomnia pun dapat terjadi selama proses kehamilan. Untuk trimester terakhir, insomnia menjadi permasalahan utama.

Kolin yang terkandung di dalam edamame dapat membantu menjaga kualitas tidur ibu hamil. Selain dapat mengoptimalkan saraf kognitif sehingga membuat ibu merasa lebih relaks.

12. Mengurangi Nyeri Sendi

Maanfaat lain dari edamame yaitu sebagai pereda nyeri. Bagi ibu hamil trimester ketiga, sangat rentan terhadap nyeri sendi dan pembengkakan pada sendi.

Pembengkakan tersebut terjadi karena tumpuan yang berat dari tubuh . Kolin juga berfungsi sebagai anti inflamasi yang dapat meredakan peradangan pada sendi.

13. Mengontrol Gula Darah

Peningkatan kadar gula darah sering terjadi pada ibu hamil. Salah satu manfaat edamame dapat mengontrol kadar gula dalam darah.

Kandungan karbohidrat dapat di gunakan sebagai pengganti nasi. Disamping itu, dapat berfungsi sebagai sumber energi. Kandungan lainnya juga dapat menekan hiperglikemi dalam darah.

14. Menurunkan Kadar Kolesterol

Konsumsi edamame sebanyak 47 gram dapat menurunkan 9.3% kadar kolesterol total dan 12.9% kolesterol jahat (LDL).

Zat gizi yang terdapat pada edamame dapat menjaga tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Termasuk komplikasi yang dapat dihasilkan dari kadar kolesterol tinggi.

15. Mengoptimalkan Kerja Jantung

Menurut penelitian, isoflavon yang terdapat pada edamame berperan melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh.Darah yang mengalir secara optimal ke seluruh bagian tubuh tanpa ada gangguan, jantung akan bekerja dengan maksimal. Hasilnya, gangguan pada jantung bisa dihindari.

Nah, itulah beberapa manfaat edamame bagi ibu hamil yang perlu diketahui. Akan tetapi Ibu hamil juga tetap memerlukan banyak nutrisi dari makanan lain untuk mendukung proses tumbuh kembang janin selain dari edamame. Semoga bermanfaat

Author - Tipsnesia

Insan bumi sederhana yang berusaha bermanfaat untuk banyak orang lain melalui berbagai macam informasi yang di muat di dalam artikel website Tipsnesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button