KESEHATAN

7+ Manfaat Kumur Air Garam Untuk Kesehatan

Manfaat Kumur Air Garam – Garam adalah salah satu bumbu penting yang harus ada di dapur setiap orang. Bukan hanya untuk menyedapkan masakan, ternyata mengkumur air garam juga memiliki manfaat besar untuk kesehatan tubuh. Jika kamu belum tahu tentang manfaat ini, mari simak beberapa khasiat air garam untuk kesehatan di bawah ini.

Khasiat Kumur dengan Air Garam untuk Kesehatan

Meskipun mulut dan gigimu sehat, tidak ada salahnya untuk rutin mengkumur air garam. Ini bisa mencegah masalah kesehatan pada mulut dan gigi. Berikut ini manfaat kumur air garam yang bisa kamu dapatkan dari rutin berkumur dengan air garam.

Khasiat Kumur dengan Air Garam untuk Kesehatan
Khasiat Kumur dengan Air Garam untuk Kesehatan

1. Mengatasi Hidung Tersumbat

Saat flu, idungmu pasti akan tersumbat dan membuatmu kesulitan bernafas. Bukan hanya mengonsumsi obat, mengkumur air garam juga bisa mengatasi masalah ini.

Air garam memiliki zat yang dapat menangkal bakteri penyebab pilek dan melembutkan lendir yang menumpuk di hidung yang menyebabkan hidung tersumbat. Selain itu, infeksi sinus, alergi, bahkan bronkitis pun dapat diobati dengan cara ini.

2. Menyembuhkan Radang Tenggorokan

Manfaat kumur air garam selanjutnya dari mengkumur air garam adalah dapat menyembuhkan radang tenggorokan yang ditandai dengan gatal dan sakit di tenggorokan.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, air garam dapat menyerap cairan berlebihan di dalam mulut dan menjaga kelembaban di dalam mulut, termasuk di dalam tenggorokan. Ini karena tenggorokan juga memiliki selaput mukosa yang jika terlalu basah akan menjadi tempat yang baik bagi bakteri untuk berkembang.

Mengkumur air garam juga dianggap efektif untuk meredakan gatal dan gejala sakit pada masalah radang tenggorokan. Selain itu, masalah tenggorokan lain seperti laringitis dan tonsilitis juga dapat diobati dengan cara ini.

3. Mengatasi Sakit Gigi

Manfaat kumur air garam untuk mengatasi sakit gigi sudah terbukti efektif. Garam mengandung natrium klorida yang efektif untuk mengatasi infeksi bakteri yang menyebabkan sakit gigi dan peradangan gigi.

Untuk itu, rutin mengkumur air garam bisa membantu menyembuhkan sakit gigi. Namun, sebaiknya jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik dan cepat mengatasi sakit gigi.

4. Menghindari Bau Mulut

Bau mulut merupakan masalah yang sering dialami banyak orang, termasuk kamu. Bau mulut tidak hanya menunjukkan kurangnya kebersihan mulut, tetapi juga dapat mengganggu orang di sekitar dan menurunkan rasa percaya diri.

Selain rajin menggosok gigi, salah satu cara alami untuk mengatasi bau mulut adalah dengan mengkumur air garam. Air garam dapat mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau mulut dan menetralisir pH pada mulut sehingga bakteri sulit berkembang. Namun, air garam hanya efektif untuk masalah bau mulut ringan saja.

5. Mengatasi sakit lidah

Pada lidah sering terjadi plak putih yang disebabkan oleh jamur atau bakteri akibat kurangnya perawatan kebersihan lidah. Untuk mengatasinya, salah satu cara yang mudah dan efektif adalah dengan mengkumur air garam. Ini karena garam mengandung natrium klorida yang dapat membantu membersihkan lidah dari plak putih tersebut.

6. Mengatasi Gusi yang Sakit

Sakit gusi atau gingivitis adalah masalah pada mulut dan gigi yang sering dialami.Penyakit ini disebabkan oleh gusi yang membengkak dan menyebabkan rasa sakit yang tidak terperahankan.

Mengkumur air garam dapat membantu menyembuhkan gingivitis karena natrium klorida dapat menangkal bakteri penyebab penyakit ini. Namun, tetap periksakan ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

7. Membersihkan Hidung

Selain untuk mulut dan gigi, manfaat kumur air garam juga dapat digunakan untuk membersihkan hidung. Ini berguna jika kamu tidak memiliki cairan saline yang biasa digunakan untuk membersihkan hidung.

Cara membuatnya adalah dengan mencampur 1 sendok teh garam non yodium dan 1 sendok teh baking soda ke dalam segelas air bersih. Kemudian cucilah hidungmu dengan larutan ini sekali sehari saja.

Ini adalah beberapa manfaat kumur air garam yang dapat kamu coba untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu. Ingat untuk melakukannya dengan benar dan tidak berlebihan agar tidak menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

Author - Tipsnesia

Insan bumi sederhana yang berusaha bermanfaat untuk banyak orang lain melalui berbagai macam informasi yang di muat di dalam artikel website Tipsnesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button