KESEHATAN

25+ Tips Mempercepat Menstruasi Aman & Ampuh

Tipsnesia.com Mempercepat menstruasi untuk sebagian wanita sering dilakukan. Apalagi bagi wanita yang mempunyai siklus menstruasi yang tidak tetap bahkan mundur.

Menstruasi yang tidak teratur membuat tubuh merasakan kondisi yang tidak sehat. Badan akan terasa lebih cepat lelah, emosi jadi tidak dapat di kontrol.

Sakit perut yang terjadi selama pms pun dapat menjadi semakin lama jika menstruasi mengalami siklus mundur.

Tips Mempercepat Menstruasi yang bisa di lakukan

Ada beberapa hal yang membuat wanita ingin mempercepat menstruasi, seperti harus mendatangi acara penting, telah berencana berlibur, akan mengikuti laga renang, bahkan ingin menjalankan beribadah umrah, berikut cara-cara untuk mempercepat menstruasi :

Baca Reverensi : 7+ Cara Atasi Nyeri Haid dengan Cepat

1. Mengkonsumsi Vitamin C untuk Mempercepat Menstruasi

Vitamin C dipercayai bisa meningkatkan kandungan estrogen dan menurunkan kandungan progesteron pada tubuh. Selanjutnya akan membuat uterus atau kandungan kontraksi, dan dinding kandungan akan luruh, hingga terjadi menstruasi.

Namun, perlu lebih waspada karena tidak boleh konsumsi ekstra vitamin C terlalu berlebih, karena bisa beresiko untuk kesehatan tubuh.

2. Olahraga secara teratur

Olahraga ringan dapat membuat otot jadi lebih santai hingga bisa mempercepat pms dari biasanya. Tetapi, tidak di perboleh kan untuk melakukan olahraga yang berlebihan.

3. Konsumsi Kunyit

Kunyit merupakan rempah yang digunakan untuk tujuan kesehatan, seperti sebagai obat hipertensi dan kolesterol tinggi. Karena kunyit mengandung flavonoid sebagai pereda nyeri haid dan membuat haid lebih teratur. Maka banyak wanita yang kemudian mengonsumsi kunyit, terutama dalam bentuk kunyit asam.

4. Istirahat Cukup Dapat Mempercepat Menstruasi

Istirahat yang cukup akan membuat fungsi organ pada tubuh berjalan sesuai alurnya. Kelelahan akibat kurang istirahat bisa menyebabkan menstruasi menjadi datang lebih lama.

Tidur dengan durasi 8 sampai 9 jam setiap harinya mampu membuat tubuh merasa cukup sehat saat bangun pagi hari.

5. Konsumsi Suplemen Herbal

Terdapat banyak suplemen yang di jualan di apotek yang bisa di konsumsi untuk mempercepat menstruasi. Suplemen tersebut berisi bahan-bahan alami yang berfungsi untuk memperlancar menstruasi dan mengurangi nyeri saat menstruasi tiba.

6. Konsumsi Peterseli

Peterseli mengandung miristisin dan apiol yang berfungsi untuk membuat uterus berkontraksi sehingga terjadi proses menstruasi. Tanaman ini juga ampuh untuk mengatasi keterlambatan mens.

7. Mandi Air Hangat

Mempercepat menstruasi dengan air hangat dapat digunakan berendam atau mandi dalam waktu yang lebih lama. Sebaiknya juga di tambahkan minyak esensial untuk membuat tubuh merasa relaks. Sehingga menstruasi akan lebih cepat datang.

8. Hindari kesibukan padat

Faktor padatnya kegiatan yang wanita kerjakan dapat membuat siklus menstruasi terganggu. Bahkan juga dapat mempengaruhi kesehatan lainnya.

Memforsir pekerjaan sampai membuat wanita kelelahan dan kurang istirahat dapat memperburuk kondisi fisik dan mempengaruhi siklus pms.

9. Minum Air Putih

Asupan cairan yang cukup dalam tubuh, akan membuat mempercepat menstruasi dengan siklus menstruasi menjadi lebih teratur. Dengan konsumsi air yang cukup membuat wanita akan terhindar dari dehidrasi dan menyehatkan tubuh.

10. Hindari Alkohol

Alkohol membuat sistem syaraf otak menjadi terganggu. Minuman beralkohol membuat siklus menstruasi menjadi pendek, lambat bahkan tidak teratur.

Minuman tersebut juga dapat mempengaruhi sistem imun dalam tubuh. Alkohol masih bisa di konsumsi tetapi dengan batas yang wajar.

11. Menghindari Kafein

Kafein akan memicu kenaikan tekanan darah, serta mempengaruhi jadwal menstruasi menjadi tidak teratur. Konsumsi yang berlebih juga menimbulkan permasalahan kesehatan lainnya.

12. Mengurangi Gula Berlebih

Sama seperti alkohol, sebaiknya menghindari gula yang berlebih. Gula berlebih jika dikonsumsi dapat mempengaruhi siklus menstruasi menjadi tidak beraturan.

13. Minum Air Hangat

Air putih saja mungkin tidak cukup, sehingga perlu meminum air putih hangat juga. Kondisi air yang hangat dapt membuat perut menjadi relaks sehingga mempercepat menstruasi.

14 Minum Jahe Hangat

Jahe merupakan rempah yang mempunyai khasiat sangat banyak. Bisa di jadikan pereda flu, mengatsi masuk angin atau tidak enak badan, bahkan sampai mengurangi stress. Tidak hanya itu, jahe juga dapat mempercepat proses menstruasi.

15. Konsumsi Pepaya

Buah pepaya mengandung serat yang tinggi dan berfungsi sebagai obat pencahar alami. Pepaya juga dapat memperbaiki siklus menstruasi yang tidak teratur dan suka terlambat.

Kandungan karoten yang terdapat pada buah pepaya dapat merangsang menstruasi secara alami apabila dikonsumsi selama 1 minggu penuh.

16 Konsumsi Seledri

Seledri adalah sayuran yang baik untuk tubuh, termasuk untuk para wanita yang menstruasinya ingin dipercepat atau karena terlalu terlambat.

Sayuran ini dapat membuat aliran darah lebih terangsang di bagian uterus dan juga pelvis sehingga membuat menstruasi lebih cepat. Apiol adalah nama kandungan di dalam batang serta daun seledri yang menjadikan menstruasi datang secara cepat dan teratur.

17. Konsumsi Campuran Gula Merah Jaggery

Bagi wanita yang ingin mempercepat siklus menstruasi, ada pula cara yang tergolong ampuh dan aman, yakni dengan membuat campuran gula merah jaggery.

Kombinasi keduanya sangat ampuh dan akan terasa efeknya ketika meminum selama 15 hari sebelum waktu atau jadwal menstruasi seharusnya.

18. Konsumsi Wortel

Wprtel memiliki efek yang sama seperti buah pepaya karena kandungan karoten yang tinggi. Di dalam wortel sehingga mampu mempercepat proses menstruasi sesuai yang di harapkan.

19. Melakukan Kompres

Kompres hangat pada bagian abdomen bawah atau perut bagian bawah cukup ampuh dan aman dalam membuat menstruasi cepat datang.

Tak perlu kompres air panas, cukup hangat saja dan lakukan kompres ½ jam lamanya setiap beberapa hari sampai akhirnya menstruasi datang.

Ini adalah salah satu cara dalam membuat tubuh merasa lebih hangat dan cara yang cukup efektif dalam membuat dinding rahim cepat luruh sehingga lebih mudah dalam proses menstruasi.

20. Akupuntur

Cara mempercepat menstruasi yang sangat baik dan terbilang efektif, yaitu dengan metode akupuntur.

Ada titik-titik akupuntur tertentu yang dapat membuat sirkulasi darah meningkat dan otomatis fungsi reproduksi ikut meningkat.

21. Menghindari Stres Untuk Mempercepat Menstruasi

Stres sangat berpengaruh terhadap hormon estrogen, jadi sebaiknya mencari cara menghindari stres. Kondisi emosional perlu diredakan dan diatasi sebelum kemudian berubah menjadi kronis.

Berolahraga ringan dan meluangkan waktu untuk diri sendiri itu adalah yang paling penting. Karena akan merasa jauh lebih rileks ketika melakukan aktivitas yang di sukai di waktu senggang.

22. Menggunakan Aspirin

Aspirin dapat mempercepat menstruasi saat menstruasi mengalami keterlambatan.

Cara menggunakan aspirin tersebut yaitu masukkan aspirin yang sudah di haluskan ke dalam cangkir, tambahkan dengan gula pasir ½ sendok makan, madu murni ½ sendok makan.

Larutan tersebut bisa di konsumsi atau minum langsung secara rutin untuk mempercepat siklus menstruasi.

23. Menghindari Obat Tertentu

Supaya mempercepat menstruasi, pastikan tidak mengonsumsi obat-obat sebagai berikut ini:

  • Obat tekanan darah
  • Antidepresan
  • Obat alergi
  • Kemoterapi
  • Antipsikotik

24. Berhubungan seks

Cara agar cepat menstruasi yang ini kemungkinan sedikit yang mengetahui. Tetapi, alami orgasme saat berhubugan seksual dapat memacu berlangsungnya menstruasi lebih cepat. Orgasme pada saat hubungan seks, akan membuat leher kandungan melebar. Sehingga membuat darah menstruasi turun.

25. Memakai kontrasepsi hormonal

Mempercepat menstruasi dengan memakai alat kontrasepsi hormonal sebagai cara agar cepat menstruasi yang baik karena cara ini akan mengganti transisi menstruasi. Tipe kontrasepsi hormonal yang dapat digunakan diantaranya cincin vagina dan pil.

Pil kontrasepsi berfungsi sebagai kombinasi dari hormon progestin dan estrogen. Bila diminum sepanjang 21 hari, lalu pemakaiannya distop atau ditukar dengan pil plasebo sepanjang 7 hari, maka dalam waktu 7 hari itu menstruasi bisa terjadi.

26. Minum air kelapa hijau

Air kelapa hijau memiliki kandungan anti-oksidan alami, air kelapa hijau baik sekali diminum untuk kesehatan badan. Selain itu juga dapat menjaga kesehatan reproduksi.

Selamat mencoba tips mempercepat menstruasi yang sudah di bagikan di atas. Jika dengan tips mempercepat menstruasi diatas tetap tidak bisa mempercepat menstruasi maka sebaiknya kosultasikan kepada pihak medis agar dilakukan tes untuk mengetahui penyebabnya..

Author - Tipsnesia

Insan bumi sederhana yang berusaha bermanfaat untuk banyak orang lain melalui berbagai macam informasi yang di muat di dalam artikel website Tipsnesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button