BISNIS

Pertanyaan Tentang Investasi Saham, Obligasi – Paling Lengkap

Tipsnesia.com Masih bingung mau berinvestasi harus mulai dari mana dan bagaimana?. Wajar kalau anda bingung  jika kalian masih awam dalam hal investasi. Maka dari itu simaklah pembahasan pertanyaan tentang investasi yang sering ditanyakan oleh kebanyakan pemula dalam berinvestasi.

Anda mau mulai investasi tapi ga paham apa itu investasi? Tenang, dulu saya juga seperti itu. Tapi setelah membaca berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan investasi akhirnya saya mulai paham dan mengerti proses dan alur investasi yang baik dan benar.

Dalam bahasan ini kita akan membahas pertanyaan seputar investasi, risiko investasi dan manfaat investasi yang setelah saya riset ternyata banyak juga pertanyaan mahasiswa tentang investasi. Tentu hal ini sangat positif, karena banyak anak muda jaman sekarang yang kian sadar pentingnya berinvestasi sejak dini.

Langsung saja tipsnesia akan bahas detail pertanyaan seputar investasi yang sering ditanyakan oleh orang awam dalam hal investasi.

Pertanyaan Tentang Investasi Paling Umum dan Sering diTanyakan

Pertanyaan Tentang Investasi Paling Sering diTanyakan
Pertanyaan Tentang Investasi – tipsnesia.com

Pada dasarnya pertanyaan orang awam tentang investasi akan sama dan memiliki inti jawaban yang sama saja. Oleh karena itu pahami jawaban dari pertanyaan yang mana mungkin bisa saja jawaban ini akan mewakili pertanyaan lainnya yang belum sempat di tanyakan di bahasan kali ini.

[ez-toc]

APA INVESTASI ITU?

Merupakan sesuatu kegiatan untuk menaruh uang ataupun modal dengan tujuan memperoleh profit di masa depan. Investasi memiliki banyak metode, seeprti dengan halnya membeli saham ataupun obligasi, menaruh uang di bank ataupun membeli suatu properti yang bernilai.

Investasi pun dapat berjalan  dengan metode mengatur uang/modal guna memodali usaha ataupun proyek yang diharapkan bakal memberikan profit di periode yang akan tiba.

Baca Juga :   7+ Tips Membeli Baju Thrift yang Bekualitas

APA FUNGSI UTAMA INVESTASI?

Investasi memiliki fungsi dan tujuan utama yaitu untuk mencapai profit atau untung dari nilai modal atau dana yang telah di tanam di awal. Pada dasarnya investasi memiliki keuntungan yang lebih tinggi daripada anda hanya menyimpan uang di bank.

APA HUKUM BERINVESTASI DALAM ISLAM?

Pertanyaan tentang investasi ini biasa ditanyakan oleh kalangan muslim yang ingin mencoba dan mencari tau investasi. Nah, lantas apa hukumnya investasi itu?

Berdasarkan fatwa MUI No 80 TH 2011, investasi itu mubah dan diperbolehkan. Hanya saja terdapat point-point yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan atau menjadi haram, berikut ketentuannya :

  • Tidak boleh mengandung unsur Riba
  • Instrumen jual beli tidak boleh bergerak di bidang bisnis yang diharamkan agama.

APA BEDANYA MENABUNG DI BANK DAN BERINVESTASI?

Pertanyaan seputar investasi ini dulu juga menjadi salah satu pertanyaan saya sejak belum mengerti tentang investasi. Perbedaannya adalah Investasi merupakan suatu produk dari pasar modal, sedangkan tabungan adalah produk dari perbankan.

Dilihat dari potensi keuntungan maka, tabungan hanya memiliki nilai return yang sangat kecil karena uang yang ada hanya diam dan ibaratnya di parkir di tempat. Nah, kalau investasi.. uang mu akan dipakai dan dijalankan oleh wadah anda/ tempat anda berinvestasi, sehingga anda akan mendapatkan keuntungan berupa pengembangan dana modal.

KAPAN INVESTASI HARUS DIMULAI?

Investasi pada dasarnya akan dapat dinikmati hasilnya di kemudian hari dan berjangka panjang. Jadi jika anda bertanya kapan harus memulai investasi maka jawabannya adalah sekarang!. Sebab semakin cepat anda memulai berinvestasi maka semakin cepat pula hasil investasi itu akan kamu rasakan.

APA BISA KAYA DENGAN BERINVESTASI?

APA BISA KAYA DENGAN BERINVESTASI – tipsnesia.com

Nah, pertanyaan tentang investasi yang ini pasti akan ada dalam pikiran kalian jika kalian ingin memulai investasi. Tidak bisa dipungkiri, kebanyakan orang tertarik dengan investasi karena melihat sebagian orang yang berinvestasi adalah orang kaya. Jadi berpikir pasti investasi menyebabkan cepat kaya.

Baca Juga :   Supplier Thrift Shop di Instagram Terbaik

Tentu hal ini tidaklah benar!. Investasi memiliki jangka yang panjang bagi investor untuk merayakan keuntungan. Jadi jika anda ingin cepat kaya.. ya jawabanya bisa saja.. asalkan kamu berani berinvestasi dengan skala yang besar dan di banyak tempat.

APA RISIKO INVESTASI?

Jika dari poin pertama kita bahas apa itu investasi dan pertanyaan tentang risiko investasi lainnya. Kini ada yang bertanya apakah investasi memiliki risiko atau resiko? Jawabannya ” ADA ”.

Investasi memiliki risiko yang tinggi. Tidak semua investasi itu menguntungkan karena, pertama dana yang kita investasikan tidak dijamin oleh pemerintah dan LPS. Kedua, Saham yang anda beli bisa anjlok bahkan drop terjadi penurunan harga yang drastis, jika ini terjadi maka, ya siap2 saja untuk rugi.

BERAPA MODAL AWAL INVESTASI?

Untuk memulai investasi anda tidak diwajibkan harus memenuhi minimal investasi. Pada dasarnya investasi dapat dilakukan dengan modal berapapun. Hanya saja jika kamu memulai dengan modal kecil maka keuntungan yang di dapat juga kecil, begitu juga kerugian jika rugi juga kecil.

Jika anda pemula maka tipsnesia.com sarankan untuk memulai dari modal kecil terlebih dahulu. Agar jika rugi, anda tidak mengalami kerugian yang besar.

Tips dari tipsnesia untuk mengatur keuangan untuk modal investasi adalah dengan menghitung 10% dari penghasilan perbulan anda.

APA SAJA JENIS INVESTASI ITU?

Investasi memiliki berbagai model dan jenis. Contoh saja yang paling sering digunakan oleh investor untuk berinvestasi adalah :

  • Deposito
  • Properti
  • Emas
  • Saham
  • Deposito
  • Obligasi
  • Reksadana
  • Dll…

Ada juga model investasi di sektor otomotif atau barang branded seperti jam tangan, mobil mewah, tas mahal. Hal ini biasa kita temui di konten-konten artis yang mengoleksi mobil antik atau barang yang memiliki nilai jika umur semakin lama dan langka.

Baca Juga :   Cara Bisnis Sarang Walet Untuk Pemula

APAKAH  SAHAM ITU?

APAKAH  SAHAM ITU – tipsnesia.com

Pertanyaan mengenai investasi yang sering ditanyakan, apa itu SAHAM?. Saham adalah suatu surat yang memiliki harga bukti kepemilikan modal yang diinvestasikan. Saham ini menjadi tanda bukti bahwa anda memiliki modal yang dapat digunakan pada perdagangan pasar modal.

APA ITU OBLIGASI?

Singkatnya dari pertanyaan tentang investasi apa itu obligasi. Obligasi adalah surat bukti hutang PT perusahaan atau juga bisa pemerintah dengan nilai modal tertentu kepada investor. Sama seperti halnya saham, obligasi juga dijalankan di pasar modal.

APAKAH BISA INVESTASI TANPA RUGI?

Ini adalah pertanyaan tentang investasi yang menurut saya jawabanya membuat kita yang ingin memulai investasi jadi mikir 2 kali.

Tidak ada investasi yang hasilnya tanpa rugi. Pasti dalam investasi memiliki potensi kerugian, hanya saja kita dapat mengantisipasi kerugian ini dalam skala besar atau kecil.

Untuk tips memaksimalkan investasi agar tidak rugi adalah dengan memilih saham yang resikonya kecil seperti saham reksadana dan emas.

Nah, dari bahasan pertanyaan seputar investasi yang sering ditanyakan oleh mahasiswa dan orang awam di atas, apakah anda sudah merasa pertanyaan yang selama ini anda tanyakan sudah terjawab? Jika belum, maka anda bisa menanyakan di kolom komentar dibawah ini ya..

Author - Tipsnesia

Insan bumi sederhana yang berusaha bermanfaat untuk banyak orang lain melalui berbagai macam informasi yang di muat di dalam artikel website Tipsnesia.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button