KESEHATAN

7 Rekomendasi Buah Yang Baik Untuk Penderita Diabetes

Buah mengandung gula alami yang baik untuk penderita diabetes

Tipsnesia.com – Penderita diabetes diwajibkan untuk selalu memperhatikan makanan yang dikonsumsi, apalagi jika makanan tersebut mengandung karbohidrat. Tubuh akan mengubah karbohidrat menjadi glukosa. Jadi, asupan karbohidrat atau gula yang berlebihan pada orang yang menderita diabetes dapat meningkatkan gula darah sehingga tidak aman untuk kesehatannya.

Untuk mencukupi kebutuhan energi tanpa meningkatkan kadar gula yang berlebih, mengonsumsi buah-buahan bisa menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Orang dengan gula darah yang tinggi dianjurkan untuk mengonsumsi buah karena mempunyai beragam kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Beberapa Buah yang dapat Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes, yaitu:

Buah – buahan yang efektif dan sangat dianjurkan untuk rutin di konsumsi untuk penderita diabetes. Buah – buahan untuk mencegah kadar gula darah yang tinggi.

7 Buah Yang Baik Bagi Penderita Diabetes
7 Buah Yang Baik Bagi Penderita Diabetes- Tipsnesia.com

1. Apel

Apel kaya akan vitamin A, vitamin C, serat yang tinggi, kalsium, zat besi dan indeks glikemik yang rendah. Sehingga apel dapat mencegah kadar gula darah yang meningkat secara tiba-tiba.

Di samping itu, serat yang terkandung dalam buah apel juga memiliki beberapa manfaat, seperti mengurangi kadar kolesterol, memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah dan membantu perut merasa kenyang lebih lama. Alangkah baiknya jika mengonsumsi apel beserta dengan kulitnya, karena kulit apel pun mengandung berbagai gizi dan antioksidan.

2. Anggur

Anggur merupakan salah satu buah yang aman dikonsumsi untuk penderita gula darah. Anggur mampu
menurunkan kadar gula dalam darah. Anggur juga kaya akan kandungan antioksidan pelifeno. Kandungan tersebut dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, buah anggur juga mengandung banyak serat serta rendah kalori.

3. Jeruk

Buah yang aman untuk penderita diabetes lainnya adalah jeruk. Salah satu buah yang sudah cukup familier hingga kerap dijadikan hidangan pencuci mulut dan dibuat berbagai macam olahan makanan maupun minuman. Jeruk kaya akan kandungan vitamin C, kalium, asam folat, tiamin dan air yang sangat baik bagi penderita diabetes. Tiamin pada jeruk dinilai mampu membantu menurunkan kadar gula darah serta membantu mencegah terjadinya resistensi insulin. Kandungan kalium juga baik dalam membantu mengontrol tekanan darah.

4. Jambu biji

Jambu biji juga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes karena mengandung banyak serat dan antioksidan yang berfungsi membantu menurunkan kadar gula dalam darah, membantu menurunkan kadar kolesterol dan juga tekanan darah.

5. Pir

Buah pir mengandung beragam nutrisi seperti vitamin K, antioksidan dan air. Tak hanya itu, kandungan serat yang terkandung di dalam pir juga mampu melindungi sistem pencernaan. Oleh karena itu, pir menjadi salah satu buah yang baik dan aman untuk penderita diabetes.

6. Buah beri

Buah-buahan golongan beri memiliki kandungan anstioksidan tinggi, vitamin dan serat yang baik berperan dalam mengontrol kadar gula di dalam darah. Buah-buahan golongan beri seperti stroberi dan blueberry sangat baik dikonsumsi untuk penderita diabetes.

7. Kiwi

Kiwi merupakan salah satu buah yang aman jika dikonsumsi penderita diabetes karena mengandung vitamin C, kalium dan antioksidan yang sangat tinggi serta mengandung serat dalam setiap buahnya.

Agar senantiasa tubuh tetap sehat dan terjaga, penderita diabetes harus displin dalam mengontrol makanan yang dikonsumsi. Jadi, mengonsumsi buah-buahan dinilai sangat tepat dan aman untuk penderita gula darah tinggi.

Usahakan untuk memilih buah yang masih segar untuk dikonsumsi, bukan manisan buah, buah dalam kemasan kaleng, atau buah-buahan yang telah dikeringkan, karena mengandung gula berlebih dan pemanis buatan.

Sebaiknya perlu untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter gizi untuk menentukan jenis makanan dan pola makan yang baik untuk penderita diabetes. Dokter gizi bisa mengecek kondisi tubuh yang menderita gula darah tinggi, karena kondisi tiap orang berbeda-beda.

Author - Tipsnesia

Insan bumi sederhana yang berusaha bermanfaat untuk banyak orang lain melalui berbagai macam informasi yang di muat di dalam artikel website Tipsnesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button