BISNIS

Resiko Bisnis Sarang Burung Walet – 15 Inti

Resiko bisnis sarang burung walet yang biasa dialami oleh pengusaha walet

Tipsnesia.com, Surakarta – Resiko bisnis sarang burung walet menjadi pilihan bisnis yang cukup meyakinkan jika anda berhasil mendatangkan waletnya. Tapi jika gagal, maka ini adalah termasuk dalam salah satu resiko bisnis sarang burung walet yang akan kita bahas.

Di indonesia, bisnis sarang walet memang sudah banyak yang mencobanya. Beberapa ada yang berhasil dan bahkan ada yang sudah mengeluarkan banyak modal tapi hasilnya tidak sesuai yang diharapkan. Untuk itu kita juga akan membahas tips mengurangi resiko bisnis sarang burung walet.

Alasan Mengapa Harus Bisnis Sarang Burung Walet?

Banyak orang yang sudah menentukan bisnis nya untuk berusaha dalam bisnis sarang burung walet ini. Alasan utama yang membuat anda harus mencoba bisnis ini adalah karena harga dari sarang burung walet yang mahal dan terus meningkatnya kebutuhan akan sarang burung walet ini.

Melansir dari pengusaha sarang burung walet disolo. Harga sarang burung walet dapat dijual dengan harga Rp18 -20rb /gram. Jika 1 kg sarang walet maka harganya kurang lebih 18-20jt.

Harga sarang burung walet ini sangat tinggi dan membagongkan bukan? Tak heran jika banyak orang yang rela menghabiskan banyak modal untuk sukses dalam bisnis sarang burung walet ini.

Selain dari segi harga, sarang burung walet juga dapat diolah menjadi berbagai macam jenis produk seperti produk kesehatan kulit, pencernaan dan masih banyak lagi.

Sebelum kita membahas resiko bisnis sarang burung walet maka kita akan berbagi sedikit tentang tips sukses dalam usaha sarang burung walet ini.

[ez-toc]

Tips Bisnis Sarang Burung Walet.

Tips Sukses Bisnis sarang Burung Walet
Tips Bisnis sarang Burung Walet – tipsnesia.com

Jika anda ingin berhasil dalam usaha bisnis sarang burung walet ini maka anda harus memahami banyak hal mengenai burung walet. Antaranya adalah :

Mempersiapkan Tempat Tinggal Burung Walet

Tempat tinggal untuk burung walet dibuat haruslah dengan memahami karakter burung walet di alamnya. Burung walet sangatlah suka dengan tempat-tempat yang tinggi dan lembab. Oleh karena itu siapkanlah tempat tinggal yang berada ditempat yang tinggi seperti Gedung.

Anda bisa membuat Gedung dengan rangkaian yang sesuai dengan keinginan burung walet seperti akses keluar masuk burung walet, tempat sarang walet, dll…

Pelajari hal ini dengan datang langsung ke pengusaha burung walet yang telah berhasil dalam bisnis sarang burung walet. Langkah ini akan mengurangi resiko bisnis sarang burung walet.

Baca Juga :   Keuntungan Thrift Shop Bisnis Yang Menjanjikan

Apa Resiko Bisnis Sarang Burung Walet?

Anak Burung walet – tipsnesia.com

Nah, jika anda sudah memahami keuntungan serta mengapa anda harus memilih bisnis sarang burung walet maka, anda juga harus mengetahui resiko bisnis sarang burung walet ini agar anda bisa lebih paham apa yang harus anda lakukan dalam memulai bisnis sarang burung walet.

Tipsnesia akan kasih paham resiko yang bisa terjadi dalam bisnis sarang burung walet sebelum anda memulai usaha ini, maka bisa jadi pertimbangan untuk anda kedepan agar tidak mengalami kerugian yang besar.

1. Burung Walet Tidak Datang

Resiko pertama dalam bisnis sarang burung walet adalah burung walet tidak kunjung datang ke Gedung yang telah anda siapkan. Hal ini sangatlah banyak ditemui di luar sana, banyak rumah-rumah dan Gedung yang dipersiapkan untuk burung walet malah tidak ada satupun burung walet yang mau datang ke gedung itu.

Hal ini tentu akan sangat membuat semua menjadi sia-sia. Jika anda tak segera mencari solusi maka resiko ini akan menjadi kerugian yang sangat besar. Karena gedung yang anda bangun akan terbengkalai dan tidak menghasilkan apa-apa.

2. Hama Pengganggu Walet

Hama pengganggu walet ini sangat merugikan, karena walet yang awalnya datang menjadi pergi dan enggan tinggal di rumah/gedung yang anda persiapkan.

Pengganggu walet ini biasa berupa kelelawar dan burung hantu yang malah menempati rumah walet yang anda sudah persiapkan. Tentu walet akan enggan masuk ke dalam rumahnya dan memilih mencari tempat lain yang tidak ada gangguan kelompok kelelawar.

3. Hama Predator

Selain kelelawar yang merebut tempat tinggal burung walet. Hama yang membuat walet tidak betah dan nyaman adalah hama pemangsa burung walet seperti tikus dan ular.

Bahkan banyak kasus burung hantu juga kedapatan memakan burung walet yang sering keluar masuk kedalam rumah sarang burung walet.

Tentu ini akan sangat berat jika rumah burung walet anda berada di alam lepas seperti hutan dan pegunungan. Karena ular dan tikus akan sangat menjadi momok bagi burung walet.

4. Burung Walet tidak Betah

Resiko bisnis sarang burung walet yang bisa terjadi adalah walet tidak betah tinggal di rumah sarang burung walet anda. Ini biasa terjadi Ketika walet sudah tidak merasa nyaman karena berbagai macam hal. Biasanya walet tidak betah karena tempatnya bersarang sudah kotor, bau, atau bahkan dianggap sudah tidak layak ditinggali burung walet tersebut.

Baca Juga :   Langkah-Langkah Pengembangan Ide dan Peluang Usaha

Maka dari itu untuk mengatasi hal ini anda perlu melakukan maintenance terhadap lingkungan sarang walet agar burung walet betah dan tetap bertahan di dalam rumah walet anda.

5. Anak Burung Walet Pergi

Hal yang sangat tidak diinginkan adalah anak walet pergi dan enggan datang ke rumah walet anda lagi. Hal ini biasanya terjadi ketika anak walet merasa tidak nyaman di rumah walet anda. Biasanya anak walet pergi jika rumah walet tidak di maintenance dengan baik dan benar. Sehingga kenyamanan anak walet jadi terganggu.

6. Suara Panggil Yang salah

Resiko bisnis sarang burung walet yang ke 6 adalah salahnya dalam menggunakan suara panggil. Ini bisa berakibat fatal karena, burung walet yang diharapkan bisa datang dan betah makah bisa terbalik menjadi risi dan tidak betah.

Maka disarankan anda menggunakan suara panggil yang baik dan sesuai dengan suara asli burung walet. Anda bisa bertanya ke pengusaha walet yang sudah berhasil dalam menentukan suara panggilan untuk burung walet.

7. Speaker Cepat Rusak

Dalam rumah walet maka anda akan banyak memasang ampli, speaker guna memunculkan suara panggil untuk burung walet. Nah, kebanyakan pebisnis sarang burung walet akan sering mengganti ampli serta speaker yang digunakan dalam rumah walet.

Biasanya speaker rusak karena terkena air yang timbul dari kelembaban rumah burung walet anda. Hal ini akan menimbulkan biaya tambahan serta biaya pemasangan yang bertambah.

8. Harga Jual Naik Turun

Di Indonesia, sarang walet belum menjadi kebutuhan utama dan belum banyak pabrik yang memanfaatkan sarang burung walet ini. Sehingga kebutuhan sarang burung walet tergantung dari permintaan pasar.

Anda harus pintar dalam memasarkan sarang burung walet ini agar tidak mengalami penurunan harga yang tinggi.

9. Sarang Burung Walet Rusak

Resiko bisnis sarang burung walet ini sudah pasti terjadi karena, sarang burung walet memiliki kualitas yang berbeda-beda. Ada yang kuat akan kelembaban dan ada juga yang mudah rusak.

Ditambah dalam cara panen yang dapat menimbulkan kerusakan pada sarang burung walet. Serta penyimpanan juga dapat mempengaruhi sarang burung walet.

Baca Juga :   7+ Tips Membeli Baju Thrift yang Bekualitas

Jika sarang burung walet anda rusak maka kualitasnya akan menurun, hal ini akan berakibat pada harga sarang burung walet anda juga akan menurun.

10. Persaingan Bisnis

Bisnis sarang burung walet anda sukses? Nah ini bisa jadi memancing orang lain untuk membuat usaha sarang burung walet di sekitar rumah walet anda. Tentu ini akan sangat merugikan dan mengesalkan serta membuat emosi.

11. Warga Sekitar Protes

Ramainya suara burung walet ditambah suara pancingan yang muncul dari speaker maka membuat tetangga anda akan kebisingan dan frustasi. Tentu ini akan sangat beresiko jika anda membuat rumah walet di lingkungan yang padat penduduk.

Anda akan di kunjungi ketua RT dan digeruduk banyak warga jika anda tidak memiliki izin terlebih dahulu dari warga setempat.

12. Pencuri Sarang Walet

Pencurian sarang burung walet belakangan marak terjadi dan mengincar para pengusaha sarang burung walet yang sukses. Bahkan beberapa kasus pelakunya adalah pengurus yang telah dipercaya mengerjakan dan membantu perawatan dan panen sarang burung waletnya sendiri.

13. Pengurus Tidak Teliti dan Hati-Hati

Selain pencurian oleh pekerja yang mengurusi rumah walet anda. Resiko bisnis sarang burung walet juga dapat diakibatkan oleh pengurus atau pekerja yang kurang baik dalam mengurusi sarang walet anda. Maka untuk menjaga kualitas pekerja, anda harus mengawasi secara langsung agar pekerja tidak seenaknya dalam melakukan hal-hal terutama dalam perawatan sarang burung walet.

14. Ditipu Oknum

Banyak kasus penipuan bagi para pebisnis sarang burung walet pemula. Biasanya penipu akan mengaku-ngaku sebagai ahli bangunan untuk burung walet. Jika anda tidak berhati-hati maka anda bisa saja termakan jebakan oleh oknum yang mengaku spesialis dalam hal sarang burung walet ini.

15. Faktor Alam

Resiko bisnis sarang burung walet yang terakhir adalah faktor alam. Ini adalah resiko yang tidak bisa dihindari karena alam tidak bisa ditebak dan diprediksi kapan akan mengalami fenomena. Biasanya faktor alam yang mempengaruhi bisnis sarang burung walet adalah perubahan cuaca ekstrim dan gempa.

Nah, dari sekian banyak resiko yang ada, ternyata juga ada banyak pebisnis sarang burung walet yang sukses. Lalu bagaimana agar bisnis sarang burung walet berhasil dan sukses? Anda bisa membaca tips sukses bisnis sarang burung walet di tipsnesia.com.

Author - Tipsnesia

Insan bumi sederhana yang berusaha bermanfaat untuk banyak orang lain melalui berbagai macam informasi yang di muat di dalam artikel website Tipsnesia.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button