BISNIS

7+ Tips Membeli Baju Thrift yang Bekualitas

Baju thrift memang relatif lebih terjangkau jika dibandingkan dengan produk baru

Tipsnesia.com – Membeli baju thrift beberapa waktu terakhir ini memang sedang naik daun. Untuk mendapatkan baju thrift yang berkualitas, kamu perlu beberapa tips untuk jadi bahan pertimbangan.

Apakah kamu pernah membeli baju thrift atau barang second? Nah, ada sedikit penjelasan yang dikutiup dari digilib.uinsby.ac.id tentang thrift, thrift berasal dari kata thrive yang mempunyai arti berkembang atau maju.

Di samping itu, thirfty diartikan sebagai cara mengelola uang dan barang dengan baik dan efisien. Dengan begitu, thrifting atau thrift merupakan kegiatan jual beli barang second atau bekas dalam rangka melakukan pengelolaan uang secara efisien. Dari penjelasan tersebut, maka kita bisa mengetahui bahwa baju thrift merupakan baju bekas yang masih layak pakai dan bisa dijual kembali.

Jika melihat sejarahnya, budaya thrifting merupakan bentuk protes atas adanya budaya konsumen fast fashion. Budaya thrift shop ini dapat memberikan nilai cinta lingkungan. Karena saat membeli baju thrift berarti kita juga berkontribusi mengurangi sampah anorganik terutama yang berasal dari pakaian.

Tips Membeli Baju Thrift

Bnyak hal yang perlu kita ketahui dan perhatikan sebelum membeli baju thrift, salah satunya adalah kualitas baju-baju thrift tersebut. Masih layak pakai atau tidak, bersih atau tidaknya baju tersebut. Lantas bagaimana cara memilih pakaian thrift yang berkualitas baik? Simak penjelasannya berikut ini.

Tips Membeli Baju Thrift
Tips Membeli Baju Thrift – tipsnesia.com

1. Cek Kualitas Jahitan

Hal pertama yang harus kamu lihat saat akan membeli pakaian thrift yaitu cek kualitas jahitan dari pakaian tersebut. Pastikan semua jahitan yang berada di dalam pakaian masih bagus dan terlihat rapi. Dengan jahitan yang bagus, maka dipastikan pakaian tersebut bisa lebih awet dan dapat dikenakan dalam jangka waktu yang lama.

2. Lihat Warna Baju

Selain jahitan baju yang diperhatikan, kamu juga harus memastikan pakaian masih memiliki warna yang bagus dan cerah. Warna pada baju juga menunjukan bahwa pakaian tersebut berkualitas. Warna baju thrift yang masih bagus dan cerah juga pastinya akan membuat kamu lebih percaya diri saat mengenakannya.

3. Pastikan Tidak Ada Noda

Hal yang perlu diperhatikan saat memilih baju thrift yaitu pastikan untuk memeriksa noda pada pakaian tersebut. Jika pakaian second tersebut terdapat noda, sebaiknya jangan membeli baju. Karena pakaian yang sudah bernoda akan menimbulkan kesan yang tidak baik karena terlihat kurang bersih. Selain itu akan terlihat kurang nyaman dipandang, dan terlihat tidak rapi.

4. Cari Ukuran yang Sesuai

Kebanyakan baju thrift dikirim dari luar negeri. Itu artinya rata-rata ukurannya akan relatif lebih besar dibandingkan baju yang diberasal dari Indonesia. Di samping itu, kamu harus lebih cermat untuk membeli baju thrifting dan mencari yang sesuai ukuran dengan badan kamu. Dengan begitu, kamu bisa nyaman dan percaya diri saat mengenakannya.

5. Cek Keaslian Barang

Salah satu daya tarik masyarakat untuk membeli baju thrift yaitu karena harganya sangat terjangkau. Bahkan untuk produk branded pun harganya bisa sangat jauh dibandingkan dengan produk baru.

Tetapi jika ingin membeli produk thrift yang branded, pastikan kamu sudah mengecek keaslian produk tersebut. Jangan sampai kamu tertipu dan membeli produk palsu atau KW. Selain dapat merugikan secara finansial, produk KW juga biasanya mempunyai kualitas yang tidak sebagus produk asli. Sehingga saat dikenakan membuat tidak nyaman dan akan mudah rusak.

6. Beli di Tempat Terpercaya

Yang perlu diperhatikan lagi saat memilih baju thrift berkualitas adalah pastikan kamu membeli pakaian tersebut di thrift shop terpercaya. Cek keberadaan toko atau secara offline dan lihat juga review dari pembeli sebelumnya. Tak sampai disitu saja, pastikan toko yang dituju telah melakukan standart sebagai penjual baju thrift seperti sortasi dan membersihkan pakaian sebelum dijualnya. Dengan demikian, barang yang kamu beli bisa dipastikan kualitasnya dan juga aman saat dikenakan.

7. Cari yang Harganya Sesuai

Saat ini baju thrift memang sedang menjadi trend dikalangan masyarakat. Kondisi ini seringkali menjadi kesempatan bagi para penjual baju thrift untuk menaikan harga dari biasanya. Maka dari itu, sebelum membeli baju di toko, pastikan harganya sesuai dengan kualitas produk. Lebih baik sebelum kamu membeli alangkah baiknya kamu juga sudah mengecek harga rata-rata dipasaran. Jangan segan juga untuk menawar harga bila kamu rasa kualitas pakaian dan harganya tidak sesuai.

Itulah sejumlah tips sebelum membeli baju thrift. Informasi di atas bisa menjadi tambahan pengetahuan bagi kamu yang hendak membeli baju-baju thrifting. Selamat mencoba trik tersebut dan Semoga bermanfaat.

Author - Tipsnesia

Insan bumi sederhana yang berusaha bermanfaat untuk banyak orang lain melalui berbagai macam informasi yang di muat di dalam artikel website Tipsnesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button