KECANTIKAN

21 Tips Perawatan Kulit Wajah di Rumah

Maksimalkan kulit wajah dengan perawatan rutin di rumah!

Perawatan kulit wajah yang mudah di lakukan sendiri di rumah, tentunya bisa membuat wajah menjdai terawat. Dengan banyak aktifitas sehari-hari, sangat sulit untuk melakukan perawatan di salon atau klinik kecantikan.

Pengetahuan tentang perawatan di rumah sangat di butuhkan, agar kulit tetap sehat di tengah kesibukan. Skincare basic pun sekarang sudah di jual luas di pasaran.

Akan tetapi pemilihan skincare yang baik dan cocok untuk kulit, tetaplah di perhatikan. Untuk lebih amannya, sebelum melakukan perawatan dirumah konsultasikan dengan dokter kecantikan terlebih dahulu.

Cara Perawatan Kulit Wajah di Rumah

Perawatan wajah juga tidak selalu menggunakan brand- brand ternama. Bahan alami pun bisa menjadi pilihan yang lebih aman untuk kuliat wajah. Berikut cara perawatan wajah yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

1. Mencuci Tangan

Tips Perawatan Kulit Wajah

Perawatan kulit wajah yang pertama adalah mencuci tangan setelah mengerjakan apapun. Karena terkadang tanpa di sadari sering menyentuh area wajah dengan tangan kosong.

Apabila tangan tidak bersih, maka bakteri yang ada di tangan akan berpindah ke kulit wajah. Efeknya bisa sampai menimbulkan jerawat bagi kulit berminyak.

Oleh sebab itu, sebelum membersihkan wajah harus terlebih dahulu membersihkan tangan menggunakan sabun cuci tangan anti bakteri.

2. Mencuci Wajah

Setelah melakukan kegiatan di luar rumah, maka kulit wajah akan penuh dengan polusi seperti debu dan juga kotoran. Oleh karena itu perlu membersihkan wajah setiap pagi hari sebelum beraktivitas dan malam hari sebelum tidur.

Gunakan facial foam ataupun sabun cuci muka yang sesuai dengan kulit. Pilihlah sabun cuci muka yang mengandung vitamin-vitamin dan terbuat dari bahan alami.

3. Menggunakan Sunscreen

Tips Perawatan Kulit Wajah

Memiliki aktivitas yang padat di luar ruangan, maka gunakan lah sunscreen. sunscreen akan membuat kulit wajah akan terhindar dari bahaya sinar matahari dan melindungi kulit wajah dari bahaya radikal bebas. Pilihlah sunscreen yang mengandung spf yang tinggi untuk melindungi kesehatan kulit wajah.

4. Menggunakan Pelembab

Saat seharian penuh berada diruangan ber-AC untuk melakukan berbagai pekerjaan, maka harus menggunakan pelembab pada kulit wajah. Seharian di ruangan ber-AC akan membuat kulit wajah menjadi kering dan kekurangan nutrisi.

Pelembab wajah dapat menjaga kelembaban kulit dan juga dapat melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Selain itu menghindari terjadinya flek hitam pada kuilit wajah.

5. Menggunakan Serum

Serum wajah menjadi tambahan perawatan untuk menjaga kulit dari kekeringan dan melindungi kulit wajah dari paparan UV. Selain itu Serum memiliki fungsi yang hampir mirip dengan pelembab wajah. Namun serum memiliki konsentrasi serta bahan yang kompleks dibanding dengan pelembab.

Penggunaan serum wajah secara rutin dapat melindungi kulit wajah dari berbagai faktor kerusakan kulit. serum dapat membuat kulit wajah lebih bercahaya dan bersinar. Pilihlah serum yang mengandung vitamin C dan vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan untuk kulit.

6. Melakukan Eksfoilasi Ringan

Pengelupasan ringan yang dilakukan pada pagi hari akan mempercepat regenerasi sel kulit wajah. sehingga kulit wajah terasa lebih segar dan memudahkan untuk menerima berbagai rangkaian perawatan lainnya.

Eksfoilasi yang ringan dan untuk kulit yang sensitif disarankan untuk melakukan eksfoilasi seminggu hanya 2 hingga 3 kali.

7. Menggunakan Toner

Perawatan kulit wajah selanjutnya ialah menggunakan toner. Penggunaan toner pada pagi dan juga malam hari sangat disarankan untuk kulit berminyak dan kulit yang cenderung mudah berjerawat.

Fungsi toner yaitu untuk menyeimbangkan produksi minyak pada kulit wajah. PIlihlah toner yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya, melainkan memiliki bahan alami seperti hibiscus, chamomile dan juga vitamin E.

8. Melakukan Pemijatan

Pemijatan dapat dilakukan pada kulit wajah. Pemijatan pada wajah setidaknya 3 hingga 5 menit dalam sehari berguna untuk memperlancar peredaran darah pada wajah. sehingga kulit wajah akan lebih rileks dan kulit wajah menjadi lebih segar dan cerah.

9. Menggunakan Masker

Penggunaan masker pada wajah anda 2 hingga 3 kali dalam seminggu untuk menjaga kulit anda tetap segar dan juga terlihat tetap cantik. Masker berfungsu untuk membersihkan kotoran, menghilangkan komedo dan dapat mengangkat sel sel kulit mati yang menumpuk pada wajah.

Lebih baik mengkonsumsi masker alami atau anda juga dapat membuat masker alami seperti menggunakan bengkoang dan pepaya.

10. Minum Air Putih yang Cukup

Mengonsumsi air putih yang cukup dapat menjaga kesehatan tubuh dan menjaga kecantikan serta kesehatan kulit. Dengan mengonsumsi air putih yang cukup akan terhindar dari dehidrasi dan mencegah kulit wajah menjadi kering dan kusam.

Untuk mencegah kulit wajah yang kusam dan kering, maka harus mengonsumsi 8 gelas air putih dalam sehari.

11. Menghapus Riasan

Setelah menggunakan makeup pada kulit wajah, menghapus makeup pada wajah dengan sangat bersih agar makeup tidak tertumpuk diwajah dan menyebabkan masalah kulit wajah. Gunakan makeup remover yang mengandung sedikit bahan kimia sehingga kulit wajah tidak mudah teriritasi.

12. Melakukan Scrub Wajah

Cara perawatan kulit wajah sehari hari yaitu scrub pada wajah. Scrub Wajah berfungsi mengangkat sel sel kulit mati yang tertumpuk di kulit wajah bisa melakukan kegiatan scrubbing wajah.

Sekarang sudah banyak bermunculan produk produk scrub wajah dengan harga yang terjangkau. Melakukan scrubbing wajah ini seminggu 1 hingga 2 kali agar kulit wajah tidak kusam .

13. Menggunakan Essence

Untuk membuat kulit wajah lebih sempurna dapat menggunakan essence. Essence dapat mengembalikan penyempurnaan kulit, menghaluskan kulit, melembabkan kulit dan memberikan nutrisi pada kulit.

Dengan banyaknya manfaat dari penggunaan essence ini alangkah baiknya anda juga menambah penggunaan essence ini dalam rangkaian perawatan kulit wajah sehari hari.

14. Menggunakan Krim Malam

Malam hari adalah waktu terbaik untuk regenerasi kulit. Meskipun tubuh tertidur bukan berarti kita tidak menggunakan pelembab.

Malam hari adalah waktu terbaik untuk menutrisi kulit. Gunakan krim malam sebelum tidur untuk menjaga kelembaban kulit dan membuat kulit wajah lebih cerah dan akan terlihat lebih sehat.

15. Menggunakan Krim Mata

Bagi yang memiliki lingkaran mata yang hitam akibat waktu tidur yang sedikit dan kantung mata yang besar, dapat menggunakan eyecream untuk mengatasi dan menghilangkan mata panda yang menganggu.

16. Menggunakan Sleeping Mask

Rangkaian perawatan untuk malam hari ialah menggunakan sleeping mask. Sleeping mask adalah masker yang digunakan sebelum tidur dan bisa dibiarkan hingga pagi hari. Sleeping mask berguna untuk membuat kulit wajah lemab dan menutrisi kulit wajah.

17. Menggunakan Pelembab Bibir

Bibir adalah bagian wajah yang diperhatikan. Bibir yang kering menjadi salah satu masalah yang sering terjadi. Bibir yang kering bisa diakibatkan oleh ruangan yang ber-AC atau penggunaan lipstick yang tidak sesuai. Untuk menjaga kelembaban bibir dapat menggunakan berbagai produk pelembab bibir dan juga dapat menggunakan madu.

18. Menggunakan Cleansing Milk

Cara perawatan kulit wajah sehari hari ialah menggunakan cleansing milk. Membersihan sisa makeup yang telah digunakan seharian anda bisa menggunakan cleansing milk.

Cleansing milk selain mengangkat sisa sisa kotoran dan riasan, dapat membuat kulit wajah lebih segar dan juga lebih bercahaya. Gunakan cleansing milk setiap malam sebelum tidur.

19. Mengonsumsi Buah Buahan

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah mengonsumsi buah buahan yang mengandung vitamin. Pilihlah buang yang mengandung vitamin C dan vitamin E yang tinggi,

vitamin ini adalah vitamin yang paling dibutuhkan oleh tubuh. Dengan mengonsumsi buah setiap hari selain itu juga akan membuat kulit wajah ternutrisi secara cukup.

20. Olahraga

Selengkap apapun rangkaian perawatan yang dilakukan pada wajah kalau tubuh kita sendiri tidak sehat. bugar maka akan membuat kulit wajah tidak terlihat segar dan bugar.

Oleh karena itu sempatkan waktu 15 hingga 30 menit setiap hari untuk melakukan olahraga ringan seperti sekedar jogging ataupun bersepeda.

21. Makanan Makanan Sehat

Makanan makanan sehat sangat berpengaruh ke pada kulit. Kandungan vitamin di dalam makanan sehat bisa menambah nutrisi pada kulit wajah.

Berikut penjelasan diatas tentang Perawatan Kulit Wajah dalam sehari-hari . Mempunyai kulit wajah yang sehat mnenjadi impian semua orang. Semoga informasi nya bermanfaat.

 

Author - Tipsnesia

Insan bumi sederhana yang berusaha bermanfaat untuk banyak orang lain melalui berbagai macam informasi yang di muat di dalam artikel website Tipsnesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button